Jangan Percaya, Hujan Batu Di Gunung Galunngung Ternyata Hoax

JAKARTA – Sebuah video yang beredar viral didunia maya membuat sejumlah masyarakat resah akan status Gunung Galunggung. video yang direkam netizen tersebut menggambarkan kepanikan masyarakat di sekitar Gunung Galunggung. Sejumlah benda-benda beterbangan serta beberapa polisi juga tampak mengevakuasi warga.

Tidak jelas siapa perekam video Hoax berdurasi 2 menit 50 detik itu.

Sementara itu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menegaskan isu yang menyebut Gunung Galunggung, Tasikmalaya, Jawa Barat, meletus tidak benar alias hoax. Status Gunung Galunggung tetap normal.

Lewat akun twitter Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho @Sutopo_BNPB menuliskan : “Ini kejadian angin kencang di kawasan wisata Cipanas Gunung Galunggung Kecamatan Sukaratu Kab Tasikmalaya pada 30/11/2017. Bukan hujan batu dari letusan Gunung Galunggung. Gunungnya status NORMAL. Tidak ada dampak kerusakan dari angin kencang. Masyarakat dihimbau tenang”.

Sutopo mengatakan benda-benda yang beterbangan di lereng Gunung Galunggung disebabkan angin kencang dari awan kumulonimbus.

Sutopo juga mengimbau warga tetap berhati-hati saat cuaca mendung dan ada awan kumulonimbus. “Waspadalah saat mendung,” ujarnya. [*/4ld]

0 Comments

Komentar Anda

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register