Beranda » Sulsel » Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Peternakan Perketat Pengawasan Hewan Kurban
Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Peternakan Perketat Pengawasan Hewan Kurban
Sulsel

Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Peternakan Perketat Pengawasan Hewan Kurban

MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan hewan Provinsi Sulsel terus melakukan pengawasan dan pemantauan hewan kurban jelang hari Raya Idul Adha.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan hewan Provinsi Sulsel, Abd Azis mengatakan,Sesuai surat edaran dari Kementrian Pertanian terkait pengawasan hewan kurban,maka saat ini seluruh Dinas terkait baik Provinsi maupun kabupaten dan kota se Sulsel terus melakukan pemantauan dan pengawasan dilapangan.

“Surat dari kementrian pertanian mempertajam pengawasan hewan kurban,yang saat ini sudah berjalan sesuai sistem operasional pelayanan kepada masyarakat yang ingin berkurban dihari raya Idul Adha, Ungkap Azis belum lama ini.

“Masyarakat juga dihimbau untuk melaporkan kepetugas peternakan setiap hewan kurban yang dibeli mau diperjual belikan dengan melakukan pemeriksaan mulai dari antemortem sebelum hewan dipotong dan posmorten setelah hewan dipotong,” Imbuhnya.

Sementara itu Syamsul bahri kepala bidang kesehatan hewan (keswan) dinas peternakan dan kesehatan hewan sulsel menambahkan,pengawasan hewan kurban terus dilakukan dilapangan termasuk didaerah perbatasan antar wilayah.

“Pengawasan masuknya hewan kurban terus dilakukan dilapangan termasuk didaerah perbatasan seperti digowa dan maros untuk mencegah masuknya hewan kurban yang berpenyakit,” Tegas Syamsul.

“Kita dalam waktu dekat akan kembali melakukan pemantaun lapangan ketitik penjualan ternak, bersama semua unsur terkait termasuk tim dari kedokteran hewan universitas hasanuddin,persatuan dokter hewan Sulsel serta lainnya,” Pungkasnya.

Ketersediaan hewan kurban disulsel khusus jelang hari raya idul adha cukup banyak,dimana untuk sapi sekitar 50.000 ekor dan dan kambing sekitar 20.000 ekor, tamba Syamsulh  . [*]

Topik