MAKASSAR – Setelah menjalani sejumlah perawatan, Mantan Bupati Gowa, Dr. H. Ichsan Yasin Limpo, SH MH (IYL) menghembuskan nafas terakhirnya di Jepang, Selasa (30/7/2019).

Sebelum meninggal, IYL selama beberapa bulan terakhir berjuang melawan kanker paru-paru Stadium 4 yang dideritanya. Dia sempat mendapatkan perawatan di Singapura dan kemudian berpindah ke Jepang.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulsel, yang juga kerabat dari IYL, Devo Khaddafi mengatakan, jenazah mantan Bupati Gowa periode 2005-2015, Ichsan Yasin Limpo, akan diterbangkan dari Jepang ke Indonesia, pada Rabu (31/7/2019).

“Innalillahi wainnailaihi radjiun, telah berpulang ke Rahmatullah bapak Ichsan Yasin Limpo pada pukul 07.35 waktu setempat di Jepang, Rencanya jenazah beliau akan tiba di sini besok” kata , Devo Khadaffi.

IYL adalah tokoh yang disegani di Sulsel dan merupakan saudara dari mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL). IYL diketahui sempat memimpin Kabupaten Gowa dua periode dan juga memimpin Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel.

Tidak hanya itu, IYL juga sempat bertarung di Pilgub Sulsel pada tahun 2018 lalu. Sayangnya, dia harus mengakui kemenangan Nurdin Abdullah (NA) yang meraih suara terbanyak.

Semasa hidup, Ichsan Yasin Limpo pernah sebagai anggota DPRD Provinsi Sulsel yang kemudian menjadi Bupati Gowa selama dua periode (2005-2015).  [*/4LD]