Kadinkes Minta Masyarakat Waspada, Kasus DBD Terjadi Disemua Daerah di Sulsel

Kadinkes Minta Masyarakat Waspada, Kasus DBD Terjadi Disemua Daerah di Sulsel
Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Rosmini Pandin ungkapnya saat ditemui awak media usai kegiatan jalan sehat Anti Mager, Minggu (16/10/2022).

MAKASSAR—Memasuki Musim hujan, Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Kesehatan mewaspadai meningkatnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Rosmini Pandin mengatakan, kasus DBD hampir terjadi di setiap daerah di Sulsel sehingga masyarakat diminta untuk waspada.

“Hampir semua daerah terjadi kasus DBD, Karena tidak bisa dipungkiri karena bisa bareng penyakit typoit dan penyakit lain jadi harus pemeriksaan lengkap khusus untuk trombosit,” ungkapnya saat ditemui di rumah jabatan Gubernur usai kegiatan jalan sehat anti mager minggu (16/10/2022).

Ia menyebutkan aktivitas masyarakat saat ini cukup intens sehingga rawan terkena DBD di mana saja.

“Sekarang mobile (aktif) sekali masyarakat mungkin disekitar kita, intinya selalu waspada, di beberapa daerah hampir semua, misalnya, orangnya dari kegiatan di Makassar kemudian kembali ke tempatnya kena, bisa seperti itu, karena tidak ada orang tidak bergerak, sistem kewaspadaan dini harus terus dilakukan,” sebutnya.

Rosmini lebih jauh mengaku, sejauh ini baik rumah sakit maupun puskesmas siap untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus DBD.

Berita Lainnya

“Kalau kesiapan RS selalu siap, Puskemas siap. Kita juga rutin fogging pramusim, dan fogging setelah ada kasus, sebenarnya diharapkan kalau 3 M. Yaitu, menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, serta mengubur barang bekas, Kita abatisasi maka safety sekali,” pungkasnya. (*)

Lihat Juga:  Kadinkes: Jenazah di Pemakaman Covid Bisa Dipindahkan Usai Pandemi Berlalu

Berita terkait