Kadisdag Sulsel Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Tetap Stabil Jelang Ramadhan
Ashari Fakhsirie Radjamilo MSi, Kepala Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan.

MAKASSAR—Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Perdagangan Sulsel memastikan harga kebutuhan pokok tetap stabil jelang Bulan Suci Ramadhan.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo, berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan, harga kebutuhan pokok dipasaran masih stabil jelang bulan suci ramadhan

“Jelang ramadhan ini, kita terus pantau harga agar tidak ada ledakan, dan sejauh ini tidak ada lonjakan kenaikan mulai dari produksinya sampai dengan menyangkut masalah kestabilan harga kita jaga,” ungkapnya.

Ditemui usai mengikuti high level meeting TPID di salah satu hotel di Makassar, Kamis (1/4/2021), Radjamilo menyebutkan, beberapa harga kebutuhan pokok seperti cabai, gula pasir maupun lainnya justru mengalami penurunan.

“Alhamdulillah per tanggal 31 Maret kemarin semua kebutuhan pokok semua stabil malah untuk cabainya sudah ada penurunan dari Rp78 ribu perkilogram Ke Rp76 ribu perkilogram,” urainya.

“Yang kedua persoalan daging ayam juga yang selama ini terkadang ada kenaikan sampai sekarang malah ada penurunan, demikin juga harga-harga gula pasir, mudah-mudahan bertahan sampai dengan seterusnya,” sambungnya.

Lebih jauh Mantan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel mengaku, untuk operasi pasar akan dilakukan pada saat dibutuhkan untuk menstabilkan harga.

“Kita akan melakukan operasi pasar apa bila dibutuhkan, tapi kita tentunya pertama kita datangi distributor-distributor untuk mengecek semua kebutuhan, yang kedua adalah meninjau langsung ada 3 pasar besar di Makassar, yaitu pasar Pabaeng-baeng, pasar Pannampu dan pasar Terong,” tuturnya.

Ashari Fakhsirie Radjamilo menambahkan terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait lainnya termasuk dengan dinas ketahanan pangan.

“Kami koordinasi terus bersama kadis ketahanan pangan untuk menjaga suplai dari daerah, pokoknya ini yang kita jaga dan aman insya Allah sampai lebaran,” pungkasnya. (*)