Beranda » Sulsel » Kadishut Sulsel Ajak Masyarakat Tanam & Pertahakan Populasi Mangrove
Kadishut Sulsel Ajak Masyarakat Tanam & Pertahakan Populasi Mangrove
Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel, Ir H Muhammad Tamzil MP IPU melakukan penanaman Mangrove di Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar. (foto: dok).
Sulsel

Kadishut Sulsel Ajak Masyarakat Tanam & Pertahakan Populasi Mangrove

MAKASSAR – Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel, Muhammad Tamzil mengajak masyarakat untuk menanam dan mempertahakan populasi mangrove.

Ajakan tersebut terungkap pada kegiatan penanaman Mangrove, dalam rangka Gerakan Nasional Peduli Mangrove, Pemulihan DAS & Kampung Hijau Sejahtera, yang dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2019 lalu.

Kegiatan ini dilakukan secara serentak pada 12 Provinsi di Indonesia yaitu Provinsi Aceh, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Utara.

Muhammad Tamzil mengatakan, manfaat mangrove sangat banyak, diantaranya Pelindung Erosi dan abrasi air laut, Penyangga dan pencegah intrusi air laut.

Selain itu juga sebagai tempat berlindung, berkembangbiaknya berbagai jenis fauna dan biota laut. Juga sumber pendapatan masyarakat karena menjadi ekowisata, pemanfaatan kayu dan non kayu dan sebagai mitigasi bencana.

“Fungsi akan keberadaan Mangrove sangat banyak. Salah satunya dapat mereduksi besarnya gelombang tsunami dan menyerap emisi GRK 5 kali lebih baik dari tanaman hutan lainnya,” terangnya

Sehingga ini harus menjadi tanggung jawab bersama untuk terus mempertahankan populasi mangrove yang ada dan terus menanami lokasi-lokasi strategis yang memungkinkan mangrove tumbuh dan berkembang, kata Tamzil.

“Luas kawasan mangrove di sulawesi selatan kurang lebih 28.954,3 ha tersebar di 14 kabupaten kota. Dan target penanaman mangrove kali ini sebanyak 5.000 batang yang ditanam bersama masyarakat setempat,” paparnya.

Menurut Tamzil, kegiatan ini bukan acara seremoni saja, bahkan berharap lebih. Apalagi kegiatan ini juga di inisiasi oleh pengurus OASE Kabinet Kerja yang telah menyiapkan program ini dengan baik.

Kadishut Sulsel Ajak Masyarakat Tanam & Pertahakan Populasi Mangrove

“Saya harap kegiatan ini dapat mendorong masyarakat untuk terus menaman dan menjaga kelestarian mangrove,” harap Tamzil. Pada kesempatan ini juga dibagikan ke masyarakat alat pembuat biopori. (*)