dishut sulsel

MAKASSAR – Program Tanah Obyek Reformasi Agraria (TORA) di 6 daerah di Sulsel saat ini terus berlanjut dan sudah masuk pada tahap identifikasi sampai kebawah ditingkat kepala desa.

Sekretaris Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel Faisal mengatakan, sosialisasi ke 6 daerah yang masuk dalam program TORA yaitu Pinrang, Toraja Utara, Gowa, Takalar, Jeneponto dan Soppeng telah selesai dan saat ini masing-masing kepala daerah telah memerintahkan kepala desa untuk melakukan identifikasi.

“Nah sekarang prosesnya setelah kami melakukan sosialisasi adalah masing-masing kepala daerah telah memerintahkan para kepala desa untuk mengidentifikasi wilayahnya dengan jelas sesuai nama dan alamat tanah yang masuk dalam program TORA,” Ungkap Faisal belum lama ini.

Dia menyebutkan Peta indikatif yang masuk dalam program TORA sudah jelas, tinggal selanjutnya diidentifikasi oleh kepala desa kemudian diusulkan ketingkat kecamatan.

“Setelah ditingkat Kepala desa selesai, maka hasil identifikasi kemudian diusulkan dan disampaikan ke tingkat kecamatan dan kemudian disampaikan ke kepala daerah masing-masing yaitu para Bupati,” Sebutnya

Faisal lebih jauh mengaku, Para Bupati selanjutnya melaporkan atau menyampaikan ke Gubernur Sulsel hasil identifikasi secara keseluruhan.

“Biasanya itu memakan waktu hingga satu bulan,hingga akhirnya disampaikan ketingkat Provinsi, dan kemudian kami selanjutnya melakukan inventarisasi dan verifikasi untuk memastikan secara keseluruhan, sebelum diusulkan pemerintah pusat melalui kementrian lingkungan hidup dan kehutanan (KLHK),” Tutupnya. [*]