Kajian Online di Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Kajian online Keislaman perdana bersama Dr Abbas Baco Miro Lc MA, dengan tema “Wasiat Penting di Bulan Suci Ramadhan”

SINJAI – Jam’iyyatuh Tholabah Ma’had Al Kazhim Ternate, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara mengadakan kajian online Keislaman perdana bersama Dr Abbas Baco Miro Lc MA, mengusung tema “Wasiat Penting di Bulan Suci Ramadhan” dilaksanakan, Ahad malam (19/4/2020) malam.

Sekretaris Majelis Ulama Tarjih Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel ini seperti biasa di awal kajian selalu mengapresiasi setiap peserta yang turut ikut dalam majelis ilmu dimana pun dan kapan pun.

Sebab, dengan memperbanyak kajian ilmu inilah akan menambah kadar keimanan, dan dari keimanan inilah yang akan membuka pintu-pintu kebajikan.

Sungguh bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh orang-orang yang sholeh, orang-orang yang berharap cinta Allah SWT.

Orang-orang yang berharap dapat bersua dan mengambil kebajikan di dalamnya, oleh karena itu Rasulullah Muhammad SAW menggembirakan sahabat-sahabatnya ketika Ramadhan itu akan datang.

Seperti para salaf terdahulu dalam menyambut bulan suci Ramadhan, mereka mengetahui betapa agungnya bulan Ramadhan itu.

“Betapa mulianya bulan Ramadhan itu, maka dari itu mereka mempersiapkan diri untuk bertemu dengan bulan mulia ini 6 bulan yang lalu sebelum datangnya Ramadhan dengan memperbanyak ibadah,” kata dosen prodi Akhwal Syakhsiyyah, FAI Unismuh Makassar ini.

Sebab mereka tahu ada banyak kebaikan di dalamnya dan tentu harus mempersiapkan persiapan yang baik untuk meraih kebaikan di bulan Ramadhan itu.

Ketua Prodi KPI Unismuh Makassar ini mengatakan, wasiat penting di bulan Ramadhan yang harus didapatkan dan dipetik sebelum masuk Ramadhan ataukah dipertengahan Ramadhan dan khusus ketika akan meninggalkan Ramadhan adalah sangat banyak wasiat penting yang bisa diraih.

Tapi ada satu wasiat atau nasehat yang paling besar manfaatnya dalam kehidupan manusia, dan ketika manusia itu mampu memanfaatkannya, maka ia akan mendapatkan keberkahannya baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Nasehat ini adalah yang dapat menentramkan hati, menjayakan hidup di dunia maupun nanti di akhirat.

Dosen Luar Biasa Bahasa Arab (Fikih) UIN Alauddin Makassar ini mengatakan, nasehat atau wasiat penting ini dapat lihat dalam Al-Qur’an Surah Al Baqarah ayat 185.

Pada ayat ini kita bisa dilihat wasiat penting bahwa antara Ramadhan dan Al-Qur’an tidak bisa di pisahkan, hidup manusia tidak akan tenteram kecuali mereka berdzikir dan senantiasa ingat kepada Allah SWT dan sebaik-baik dzikir itu adalah qiraatul Qur’an, berinteraksi dengan Al Qur’an.

“Terakhir beliau menyebutkan wasiat atau nasihat yang lain, yang Allah SWT inginkan dalam bulan Ramadhan ini adalah seorang mukmin bagaimana bisa dekat dengan Allah SWT dan meningkatkan kualitas iman menjadi nilai taqwa,” pungkas anggota Dewan Syariah LAZIZMU Sulsel ini. (*)