Beranda ยป Makassar ยป Ketua RT/RW se Kelurahan Biring Romang Kunjungi War Room Pemkot Makassar
Makassar

Ketua RT/RW se Kelurahan Biring Romang Kunjungi War Room Pemkot Makassar

MAKASSAR – Sekitar 50 orang ketua RT dan RW se Kelurahan Biring Romang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, dengan dipimpin langsung Lurah Biring Romang, Rahmat, SE, dan ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Biring Romang, Ambang Ardi, Sabtu (10/2) mengunjungi War Room Sombere’ & Smart City, lantai 10 gedung Balai Kota Makassar.

Rombongan yang hadir dengan menggunakan sejumlah kendaraan bermotor roda dua dan empat tersebut, disambut Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat, Sekretariat Daerah Kota Makassar, Iskandar Lewa, langsung didampingi menuju lantai 10 gedung Balai Kota yang terletak di Jl. Ahmad Yani Makassar tersebut, untuk melihat secara langsung inovasi IT yang telah diterapkan kota Makassar.

Iskandar dalam sambutannya memberikan apresiasi atas keinginan ketua-ketua RT dan RW untuk melihat secara langsung ruang kontrol yang dimiliki pemerintah kota Makassar tersebut, sekaligus untuk mempelajari bagaimana mengoperasikan aplikasi smart RT/RW di smart phone yang beberapa bulan sebelumnya telah dibagikan pemerintah kota kepada para ketua RT/RW.

“Saya patut memberikan apresiasi kepada semua ketua RT/RW yang atas keinginannya mengunjungi inovasi yang dilakukan pemerintah kota Makassar di ruang yang disebut war room ini. Dan sekedar untuk diketahui telah banyak Bupati/ wali kota bahkan gubernur dari daerah lain yang telah hadir di tempat ini untuk melakukan studi banding.” terang Iskandar.

Pada kesempatan tersebut, seluruh ketua RT/RW yang hadir juga memperoleh penjelasan dari operator war room tentang bagaimana dari ruangan itu petugas yang bertugas selama 24 jam mengawasi seluruh area kota Makassar yang dipantau dengan 350 CCTV, serta bagaimana proses call cetre 112 ditangani dari situ serta tata cara mengoperasikan aplikasi smart RT/RW.

Iskadar Lewa saat dimintai keterangan mediasulsel menjelaskan, bahwa kegiatan ini diinisiasi sendiri oleh para RT/RW yang difasilitasi oleh LPM untuk melakukan kunjungan ke War Room.

“Saya sampaikan bahwa kegiatan ini bukan Pemerintah Kota yang memobilisasi, melainkan inisiasi sendiri yang dilakukan oleh para ketua RT/RW yang difasilitasi LPM untuk berkunjung ke War Room, selain itu saya juga sering diprotes oleh para RT/RW karena sejumlah pejabat dari luar kota bahkan menteri sudah berkunjung ke War Room, sementara para RT/RW belum pernah melihat War Room itu,” Ujar Iskadar.

Kasi Pemerintahan Kelurahan Biring Romang, Andi Muh. Yahya, SE yang turut serta mendampingi rombongan ketua RT/RW mengatakan, bahwa kunjungan RT/RW yang difasilitasi LPM dan Kelurahan ini agar para RT/RW dapat melihat inovasi War Room yang ada di Bali Kota Makassar serta pengenalan aplikasi smart RT/RW agar dapat di fungsikan dengan baik oleh masing-masing RT/RW.

“Ini bukan inisiasi pemkot melainkan inisiasi dari ketua RT/RW itu sendiri, LPM dan Kelurahan hanya memfasilitasi kunjungan agar para RT/RW dapat melihat langsung inovasi dari War Room sekaligus pengenalan aplikasi smart RT/RW yang di miliki masing-masing agar dapat digunakan dengan baik,” terang Yahya.

Sementara itu Ketua RT. 01, RW. 01 Kel. Biring Romang, Baharuddin, mengaku sangat takjub dan bangga melihat apa yang telah dilakukan wali kota Danny Pomanto dalam mengembangkan kota Makassar menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya, terlebih dengan adanya pengawasan melalui kamera CCTV yang memungkinkan setiap kejadian bisa dengan mudah dideteksi.

“Selaku warga Makassar, saya merasa sangat patut untuk bangga dengan apa yang sudah dilakukan oleh Pak Wali, yang benar-benar mampu membuat Makassar 2 kali tambah baik, apalagi dengan pantauan CCTV selama 24 jam, artinya jika terjadi sebuah peristiwa, akan dengan mudah dapat segera diatasi, bahkan kalau kejahatan pelakunya dapat dengan mudah dikenali,” terang Bahar berapi-api. (4ld)