Komunitas “Birma Peduli” kembali Salurkan Sembako kepada Warga Terdampak Covid-19

Komunitas "Birma Peduli" kembali Salurkan Sembako kepada Warga Terdampak Covid-19
Komunitas "Birma Peduli" menyalurkan paket sembako kepada 125 Kepala Keluarga terdampak Covid-19, di wilayah kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala, Makassar,

MAKASSAR – Komunitas Birma Peduli, kembali menyalurkan paket sembako kepada 125 KK warga terdampak Covid-19, di wilayah kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala, Senin (4/5/2020) sore.

Ambang, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Biring Romang mengatakan, penyerahan 125 sembako yang dilakukan Birma Peduli saat ini merupakan kegiatan kedua setelah di kegiatan pertama yang dilaksanakan, 28 April 2020 membagi 75 sembako.

“Ini merupakan penyerahan sedekah tahap kedua, dengan sasaran 125 KK, setelah sebelumnya kita lakukan pada 28 April lalu untuk 75 KK,” terang Ambang yang juga selaku inisiator Aksi Sedekah Peduli Covid-19.

Ambang menjelaskan, sumber dana yang digunakan untuk pengadaan paket sembako tersebut, dihimpun secara swadaya dari warga setempat yang secara sukarela berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, juga dari sejumlah kolega yang berasal di berbagai kota di Indonesia.

“Sumber dana yang kita pakai dalam kegiatan ini, murni swadaya baik dari beberapa warga Biring Romang yang secara sukarela berpartisipasi sebagai donatur.”

“Juga ada donasi dari beberapa kolega yang tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Samarinda dan beberapa kota lainnya,” lanjut Ambang.

Berita Lainnya

Sementara itu, menurut ketua ORW. 03, kelurahan Biring Romang, Herman, yang mengakui telah aktif bergabung di Birma Peduli semenjak didirikan, saat terjadinya musibah gempa Palu 2018 lalu.

Dalam semua kegiatan yang dilaksanakan, semua anggota Birma Peduli, dituntut untuk selalu transparan dan mengedepankan unsur kemanusiaan, tanpa tendensi apapun.

Lihat Juga:  Bertamu di DPRD Makassar Harus Lampirkan Surat Bebas Covid

“Sejak didirikan pada saat musibah gempa Palu beberapa tahun lalu, saya senantiasa aktif dalam semua kegiatan yang dilaksanakan Birma Peduli ini.”

“Saya merasa dapat banyak pelajaran yang berarti, karena disini benar-benar mengedepankan unsur kemanusiaan tanpa tendensi apapun dan kita semua memiliki hak berpendapat yang sama serta senantiasa penuh keterbukaan,” tegas Herman.

Khusus dalam hal penentuan warga calon penerima sedekah, lanjut herman, seluruh anggota Birma Peduli diberikan kesempatan untuk memasukkan nama-nama yang dianggap layak menerima bantuan sesuai kreteria.

Kemudian, kata Herman, pihaknya melakukan verifikasi secara bersama-sama sebelum difinalisasi sesuai jumlah sembako yang disiapkan.

“Untuk menentukan siapa saja calon penerima sedekah, Ketua LPM memberikan kepercayaan kepada kita semua untuk memasukan sejumlah nama sesuai kreteria yang ditetapkan”

“Kemudian dalam diverifikasi masing-masing harus bisa menjelaskan kenapa nama tersebut layak diberikan sedekah, baru setelah itu difinalisasi sesaui kesepakatan bersama,” urai Herman.

Diketahui, rencananya sedekah tahap ketiga akan kembali dilakukan komunitas Birma Peduli untuk sekurangnya 100 KK lagi.

Diharapkan dapat terealisasi sebelum tanggal 15 Mei 2020, dan tahap-tahap selanjutnya akan terus diupayakan hingga situasi kembali membaik. (4ld)

Komunitas "Birma Peduli" kembali Salurkan Sembako kepada Warga Terdampak Covid-19
Komunitas “Birma Peduli” menyalurkan paket sembako kepada 125 Kepala Keluarga terdampak Covid-19, di wilayah kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala, Makassar,

Berita terkait