MAKASSAR, Kapolsek Manggala, Polrestabes Makassar, Kompol Saiful Alam, Senin (17/8) malam secara tiba-tiba mengunjungi Posko Siaga Covid-19 kelurahan Biring Romang, yang terletak Jalan Baiturrahman VII, ORT. 04 / ORW. 01, kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala, kota Makassar.

Kompol Saiful Alam yang hadir didampingi Bhabinkamtibmas Biring Romang, Bripka Iqbal Azis dan salah seorang personil Polsek Manggala, Bripka Mustafa, diterima langsung oleh Lurah Biring Romang, Idawati, SM dengan didampingi Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Ambang Ardi serta sejumlah Ketua ORT dan ketua ORW serta beberapa anggota Birma Peduli yang kebetulan sedang berada di Posko tersebut.

Dalam arahan singkatnya, Saiful meminta maaf karena kesibukannya dalam penanganan Pandemi Covid-19 di pos perbatasan kota, sehingga meski sudah beberapa bulan menjabat sebagai kapolsek, baru bisa menyempatkan diri bersilaturahmi dengan sejumlah tokoh masyarakat kelurahan Biring Romang.

“Meskinya kegiatan silaturahmi ini telah kami lakukan beberapa bulan lalu, saat saya mulai ditugaskan di Polsek Manggala, namun karena kesibukan penanganan Covid-19 di posko perbatasan, saya mohon maaf jika baru sempat bersilaturahmi hari ini,” terang Kapolsek penyandang 1 bunga melati di pundaknya tersebut.

Lebih lanjut Kompol Saiful berharap, selaku tokoh masyarakat, para ketua-ketua RT/RW dan juga tokoh agama, tokoh perempuan serta tokoh masyarakat lainnya untuk tidak sekedar memberikan himbauan, namun juga senantiasa diberikan contoh kepada warga, khususnya dalam hal penerapan protocol kesehatan.

“Selaku tokoh masyarakat, saya berharap bapak dan ibu yang hadir untuk dapat senantiasa menghimbau serta memberikan contoh bagaimana penerpan protocol kesehatan, yaitu memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun, serta tidak keluar rumah jika tidak sangat perlu,” tegas Kompol Saiful.

Selain itu Saiful juga meminta untuk tidak segan-segan menjalin komunikasi dengan personil Polsek Manggala, jika dianggap perlu, serta tidak segan-segan memberikan laporan jika dianggap ada hal yang menonjol untuk segera ditindaklanjuti.

“Dalam rangka menjaga Kamtibmas di lingkungan, jangan segan untuk memberikan laporan kepada kami jika dirasa ada sesuatu yang menonjol dan perlu segera kami tindaklanjuti,” tegas Saiful sembari memberikan nomor kontaknya.

Ketua LPM kelurahan Biring Romang, Ambang Ardi, dalam kesempatan itu juga melaporkan sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan secara bersinergi antara Pemerintah Kelurahan, LPM, Birma Peduli dan Bhabinkamtibmas selama periode penanganan pandemi Covid 19 beberapa bulan terakhir.

“Semenjak Maret kami dalam hal ini LPM, Pemerintah kelurahan, Birma Peduli, Binmas dan Babinsa, senantiasa bersinergi dengan baik dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah kelurahan Biring Romang,” ucap Ambang.

Sementara itu Lurah Biring Roamng, Idawati menyebutkan, bahwa berkat kerja sama antar semua lini di kelurahan Biring Romang, sehingga hingga saat ini status penyebaran Covid 19 kelurahan Biring Romang masih hijau, serta tidak ada kejadian kejahatan yang menonjol di 8 wilayah ORW yang ada di kelurahan yang baru berdiri belum 4 tahun tersebut.

“Alhamdulillah hingga saat ini kondisi kelurahan Biring Romang khususnya dalam hal penyebaran Covid-19, masih hijau demikian juga dengan situasi Kamtibmas, tidak terdapat kejadian menonjol selama ini. Dan ini saya yakin merupakan buah dari kerja sama semua pihak mulai dari masyarakat, RT/RW, LPM, Pemerintah Kelurahan, Binmas dan Babinsa,” pungkas Idawati. (4ld)