Bandara Arung Palakka Bone
Bandara Arung Palakka Bone.

MAKASSAR—Pemerintah Provinsi Sulsel menginginkan agar Bandara Arung Pallaka di Kabupaten Bone dapat beroperasi secara maksimal salah satunya dengan menambah landasan penerbangannya. Dan untuk pengerjaannya akan dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman belum lama ini mengatakan, perpanjangan runway akan dilakukan oleh Kemenhub pada tahun 2022.

“Perpanjangan runway (landasan pacu) bandara Arung Palakka di Kabupaten Bone akan dilakukan oleh kemenhub,” ucap Andi Sudirman Sulaiman.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Sulsel Muhammad Arafah mengatakan, telah mendorong Kemenhub agar bisa memperpanjang runway di sana.

“Bandara ini menjadi kewenangan kemenhub karena bandara tersebut milik kementerian alas hibahnya juga sama mereka dan ini terkait dengan UU 23 semua terkait penerbangan itu kewenangan pusat,” jelasnya.

Arafah menyebutkan nantinya panjang landasan akan bertambah dari 1.200 meter menjadi 1.600 meter.

“Nanti bandara arung palakka ditargetkan bisa dilalui itu ATR 72 setelah Perpanjangan Runway ini,” kata Arafah.

Kadishub menambahkan Plt Gubernur Sulsel fokus pada Bandara Bone, karena tidak dioptimalkan selama lima tahun. Untuk anggaran perpanjangan Runway, Arafah menyebut sekitar Rp60 miliar. “Pemprov akan mengoptimalkan bandara bone,” pungkasnya. (*)