Mobil Balap Ferrari Tahun 1962 Laku Terjual Rp.634 M

0
70

Sebuah mobil balap jenis Ferrari 250 GTO 1962 diperkirakan bisa laku terjual dengan harga $45 juta (sekitar 634,6 miliar rupiah) dalam lelang Agustus.

Bila terjual sesuai dengan harga perkiraan, mobil tersebut menjadi mobil paling berharga yang pernah ditawarkan dalam penjualan umum.

Seperti dikutip oleh Reuters, para juru lelang RM Sotheby’s mengatakan, Rabu (20/6/2018), Ferrari berwarna merah adalah satu dari 36 contoh model 250 GTO yang dibuat oleh produsen mobil terkenal dari Italia.

Lelang mobil tersebut akan digelar di California pada 24-25 Agustus. Saat dimiliki oleh pemilik pertamanya, mobil balap Ferrari itu memenangkan Kejuaraan Nasional GT Italia pada 1962 dan sembilan balapan lainnya di tahun yang sama. Sejak 2000, mobil tersebut dimiliki oleh Dr. Greg Whitten, seorang kolektor mobil Amerika dan kepala perusahaan perangkat lunak, Numerix. Whitten kerap menggunakan mobil tersebut untuk adu balap mobil kuno, kata rumah lelang itu.

“GTO adalah mobil balap jalanan yang sebenarnya. Ini mengakhiri era ketika para pengemudi mau bekerja keras,” kata pakar mobil dari RM Sotheby’s, Shelby Myers, dalam sebuah pernyataan.

“Ini mobil terakhir yang bisa Anda parkir di garasi Anda, mengendarainya ke jalur balapan, memenangkan balapan dan lalu mengendarainya pulang ke rumah,” kata Myers.

Whitten tidak mengatakan mengapa ingin menjual mobil itu.

Rekor lelang mobil paling berharga terjadi pada 2014, ketika mobil Ferrari jenis yang sama terjual seharga $38,1 juta. [*/voa]