Pengguna kendaraan roda dua dan empat menerobos banjir di ruas Jl. Jend. A. Yani, Bori Kamase, Maros Baru, Turikale, Kec. Turikale, Kabupaten Maros, Selasa 22 Januari 2019. (Foto: Anshar Tomaru)

MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menghimbau masyarakat Sulsel agar lebih cermati melihat perubahan alam, apalagi di musim hujan saat ini.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat terutama yang berada di dataran sungai untuk berhati-hati untuk lebih cermat melihat perubahan alam,” ungkap Nurdin di Asrama Haji Sudiang, Jumat, 2 Januari 2020.

Gubernur Nurdin Abdullah, foto bersama usai pimpin upacara hari amal bakti ke 74 Kementerian Agama RI, di Asrama Haji Sudiang Makassar, Jumat, 2 Januari 2020. (Foto: Ist)

Khusus untuk masyarakat yang berada di perkotaan agar segera melakukan gotong royong membersihkan drainase-drainase agar tidak tersumbat air pada saat musim hujan seperti saat ini.

“Bagi yang berada di kota yang memang sudah menjadi langganan banjir upayakan saluran-saluran itu kita bersama-sama bergotong royong membersihkan saluran kita supaya airnya lancar,” kata Nurdin.

Menurut mantan Bupati Bantaeng dua periode ini, tersumbat drainase di perkotaan menjadi salah satu pemicu terjadinya meluasnya debit air, karena saluran air tidak berfungsi.

“Bayangin kalau ada sumbatan, baru hujan sedikit langsung (Banjir), kerena saluran tidak berfungsi baik, mohon untuk antisipasi itu,” ujarnya.

Nurdin juga berharap kepada Basarnas dan BPBD diseluruh daerah agar menyediakan segera semua kebutuhan di musim hujan ini.

“Yang kedua saya juga meminta Basarnas dan BPBD daerah maupun provinsi untuk lebih hati-hati, lebih menyiapkan segala sesuatunya untuk menolong warga kita,” jelasnya

Lebih lanjut Nurdin, berharap peran Camat, Lurah dan Kepala Desa dinilainya sangat penting untuk mengajak masyarakat antisipasi sebelum hal ini terjadi.

“Saya berharap camat, lurah dan kepada desa ayo kita mengantisipasi hal ini supaya ini tidak terjadi, dengan gerakan masyarakat untuk memperbaiki saluran air, drainase-drainase supaya ini bisa kita hindari,” pungkasnya. (*)