MAKASSAR — Sebanyak 320 orang mengikuti simulasi computer assisted test (CAT) seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang digelar di lokasi car free day (CFD) Jalan Boulevard Makassar, Minggu (24/11/2019).

Kepala Bidang Perencanaan dan Informasi ASN BKD Sulsel, Taufiq Akbar mengatakan, simulasi CAT CPNS ini terbuka untuk umum dan gratis. Kegiatan ini dikerjasamakan dengan Kantor Regional (kanreg) IV Badan Kepegawaian Negara (BKN) Makassar.

“Ini salah satu bentuk perhatian Pemprov sulsel yang bekerja sama dengan Kanreg BKN. Dimana kita memberikan fasilitas simulasi untuk memberi pemahaman kepada masyarakat terkait seleksi CAT,” ujar Taufiq yang ditemui di lokasi kegiatan.

Dalam pelaksanaannya, Pemprov Sulsel menyiapkan sarana berupa 20 laptop. Sementara penyediaan server termasuk soal ujian, diakomodir Kanreg IV BKN Makassar.

Simulasi CAT ini dilakukan bertahap, setiap sesi diikuti 20 orang dengan durasi waktu 15 menit. Para peserta diberi kesempatan menjawab 20 soal CPNS seleksi kompetensi dasar (SKD), berupa tes wawasan kebangsaan, intelegensi umum, dan karakter pribadi.

“Antusias masyarakat cukup besar sehingga kami juga tidak bisa mengkomodir semua, karena kita terbatas dengan waktu. Tadi itupun masih ada yang mau ikut, tapi kami tutup. Makanya peserta kita batasi sebanyak 320 orang sesuai target,” paparnya.

Bagi peserta yang mendapat nilai tertinggi dalam tiap sesinya, panitia penyelenggara memberikan souvenir. “Kalau nilai hasil simulasi tesnya minimal 65, kita beri souvenir kepada peserta,” tambah dia.

Diketahui, simulasi CAT CPNS ini merupakan kali kedua pelaksanaannya. Dimana sebelumnya digelar di lokasi CFD Jalan Jenderal Sudirman dan diikuti 160 peserta, pekan lalu. Simulasi CAT ini akan kembali digelar di kawasan Anjungan Pantai Losari, Jalan Penghibur.

“Insya Allah akan kami teruskan kembali untuk simulasi CAT ini. Target kita minggu depan itu di daerah pantai Losari. Tapi nanti kita lihat situasinya seperti apa,” pungkas Taufiq. [*]