Pemprov Persiapkan Kedatangan Tiga Warga Sulsel yang Dikarantina Terkait Virus Corona

0
22
Gubernur Nurdin Abdullah saat ditemui awak media di kantor Gubernur Sulsel. (Foto: Ist)

MAKASSAR – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bersama pihak terkait, tengah mempersiapkan kepulangan tiga orang warga Sulsel yang telah pulang dari Wuhan, China dan saat ini tengah berada di Natuna dalam proses karantina.

Nurdin mengatakan sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing, Dinas Kesehatan Sulsel bersama pihak terkait harus memastikan ketiganya dalam keadaan sehat dan tidak terjangkit virus corona.

“Jadi kami terus berkoordinasi dan melakukan persiapan tiga warga kita, dan jika telah dinyatakan sehat dan bebas virus corona, maka mereka segera akan dipulangkan ke keluarga masing-masing,” ungkap Nurdin Abdullah saat ditemui di kantor Gubernur Sulsel, Rabu (5/1/2020).

Lebih jauh Nurdin mengaku belum mengetahui data pasti jumlah WNI yang masih berada di Cina maupun negara lainnya.

“Meski data pasti belum ada, kita terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk mengantisipasi agar virus corona tidak mewabah ke Sulsel,” jelasnya.

Semenatara itu, Dinas Kesehatan Sulsel memastikan mahasiswa yang kembali dari Cina tidak terjangkit virus corona. Hal itu setelah para mahasiswa melalui pemeriksaan intensif dan dinyatakan negatif.

“Memang dari 238 WNI dari Wuhan dan telah di karantina dan di observasi di Natuna beberapa diantaranya adalah merupakan warga Sulsel,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari.

Ichsan menyebutkan mereka dikarantina di Natuna selama 14 hari dan setelah dinyatakan sehat akan segera dikembalikan ke keluarga masing-masing.

“Kita masih menunggu informasi lanjut dari pemerintah pusat, yang jelas sulsel siap menerima warga kita. Khusus di Makassar RS Wahidin Sudiro Husodo ditetapkan sebagai rujukan apabila ada masyarakat yang terindikasi terjangkit virus corona,” jelasnya. (*)