Penyelesaian Covid Tergantung Kepatuhan Masyarakat Jalankan Prokes dan Vaksinasi
Arief Santoso, Dewan Pakar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel "(Kiri).

MAKASSAR—Dewan pakar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel Arief Santoso mengatakan kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan (Prokes) serta melakukan vaksinasi menjadi penentu penyelesaian pandemi covid-19.

Hal ini dikatakan Arief Santoso saat ditemui di Kantor IDI Sulsel Jalan Topaz Raya Makassar, Selasa (14/09/2021).

“Kalau semua taat prokes maka covid akan selesai termasuk seluruh masyarakat melakukan vaksinasi apa lagi hal ini akan mengurangi dampak apa bila terpapar covid-19,” ungkapnya, Selasa (14/9/2021).

Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Sulsel itu menyebutkan, pandemi covid-19 tidak bisa diselesaikan sendiri melainkan membutuhkan dukungan semua pihak. Ia menegaskan pentingnya edukasi pencegahan penularan Covid-19 kepada masyarakat

“Pandemi tidak bisa diselesaikan sendiri, memerlukan keterlibatan semua pihak termasuk dukungan dari media untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mau menjalankan prokes secara ketat dan melakukan vaksinasi, karena bisa di bayangkan apa bila masyarakat tidak paham maka trecing,testing dan treatment tidak akan berjalan maksimal,” sebutnya.

Apalagi, lanjut Arief, saat ini begitu banyak informasi terkait covid-19 bahkan ada yang disampaikan oleh dokter yang membuat sebagian masyarakat bingung. Selain itu, beberapa orang yang masih acuh dan meremehkan protokol kesehatan.

Hal tersebut kata dia menjadi sumber utama penyebaran Covid-19 di Sulsel. “Makanya kita meminta masyarakat untuk melihat secara pasti sumber informasi bahkan dari dokter sekalipun karena ilmu kedokteran terus berkembang,” pungkasnya.

Ia berharap masyarakat dapat bersama-sama mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan untuk menekan penyebaran Covid-19. (*)