Pesawat Ukraina Ditabrak sebelum Jatuh di Iran, Menewaskan Seluruh Penumpannya

0
35
Pesawat Ukraina Ditabrak Sebelum Jatuh di Iran
Puing-puing Pesawat Boeing 737-800 milik maskapai Ukraina jatuh di Teheran, Iran, 8 Januari 2020. (Foto: Iran Press/Handout via REUTERS).

DUNIA – Di tengah kegelapan langit menjelang subuh di pinggiran ibukota Iran, Teheran, seberkas cahaya kecil yang bergerak cepat terlihat melesat melalui pepohonan, sewaktu seseorang merekam kejadian itu di darat.

Setelah itu tampak kilatan cahaya, tampaknya cahaya kecil itu menabrak sesuatu di udara.

Itu adalah pesawat naas Ukraine International Airlines yang lepas landas hari Rabu (8/1/2020), beberapa jam setelah Iran menembakkan rudal-rudal ke markas-markas AS di Irak sebagai pembalasan atas tewasnya jenderal senior Iran Qassem Soleimani.

Para pemimpin negara-negara Barat telah menyatakan pesawat itu tampaknya secara tidak sengaja ditembak jatuh oleh rudal darat-ke-udara di dekat Teheran. Iran membantah misil itu sebagai penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Video-video yang diverifikasi kantor berita Associated Press menunjukkan detik-detik terakhir jet itu dan apa yang kemungkinan menjatuhkannya, sehingga menewaskan seluruh 176 orang di dalamnya.

Salah satu video tampaknya memperlihatkan dampaknya. Bangunan-bangunan dapat terlihat dari permukaan tanah di tengah langit gelap sewaktu cahaya kecil melengkung di angkasa, disusul kilatan cahaya.

Suasana senyap, kecuali suara anjing menggongong di dekatnya. Sepuluh detik kemudian, ada suara dentuman menakutkan, seperti suara guntur yang keras.

Video kedua, tampak memperlihatkan pesawat itu terbakar dan jatuh. Kobaran api putih meluncur turun di tengah langit gelap, sesekali melepaskan percikan api, kemudian hilang di balik pohon, kobaran api besar menjulang ke angkasa sewaktu pesawat itu jatuh ke bumi.

Seseorang tampak berseru dalam bahasa Farsi, “Pesawat terbakar. Shahriar. Ferdosieh. Dengan nama Tuhan yang Pengasih, yang Penyayang. Tuhan tolong kami.

Telepon pemadam kebakaran!” Kedua nama yang disebut di atas adalah nama dua daerah pinggiran kota Teheran di dekat bandara.

Rekaman lainnya, yang difilmkan dari sebuah mobil yang sedang berjalan di kejauhan, memperlihatkan cahaya sangat terang bergerak sangat cepat. Rekaman ini kemudian memperlihatkan pesawat meledak di cakrawala, menerangi langit gelap.

Sebagai bagian dari proses verifikasi, AP membandingkan bangunan-bangunan yang tampak dalam video itu dengan lokasi di peta dan dalam konteks yang tepat di mana jet itu keluar dari radar. [voa]