Beranda ยป Makassar ยป Peserta Pelatihan Healthy Cities PERSAKMI Sulsel Belajar Tentang Bank Sampah
Peserta Pelatihan Healthy Cities PERSAKMI Sulsel Belajar Tentang Bank Sampah
Peserta Pelatihan Healthy Cities PERSAKMI Sulsel mendapatkan kesempatan belajar melihat langsung aktivitas masyarakat di UPTD Bank Sampah Pusat Makassar yang berada di sekitar Pasar Toddopuli Makassar.
Makassar

Peserta Pelatihan Healthy Cities PERSAKMI Sulsel Belajar Tentang Bank Sampah

MAKASSAR – Peserta Pelatihan Nasional Healthy Cities yang digelar Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Sulsel mendapatkan kesempatan belajar mengenai management atau bank sampah.

Ketua Asosiasi Bank Sampah Indonesia, Saharuddin, yang menerima kunjungan di UPTD Bank Sampah Pusat Makassar di sekitar Pasar Toddopuli Makassar.

Saharuddin menguraikan jika UPTD Bank Sampah yang ada di Makassar merupakan satu-satunya UPTD Bank Sampah yang ada di Indonesia.

“Sampah paling tidak memiliki nikai kesehatan karena lingkungan menjadi bersih, nilai silaturahmi karena pengelola Sampah bisa saling ketemu dan yang ketiga mengandung nilai ekonomis,” urai Sahar, Sabtu (1/9/2018).

Dikatakan, dalam pengelolaan sampah menimbulkan inovasi masyarakat misalnya sampah dan air galong ditukar dengan sampah, sampah tukar beras, sampah tukar ice creem, sampah tukar bibit.

“Konsep sampah kalau tidak bisa membersihkan minimal tidak membuang sampah. Oleh karena itu, sebetulnya kerja bakti tidak perlu kalau tidak ada orang yang buang sampah,” terang Sahar.

Kepala UPTD Bank Sampah Pusat Makassar, Nasrun, SE memberikan banyak pengalaman tentang pengelolaan sampah.

“Bank Sampah dan sampah adalah kebutuhan masyarakat. Bank sampah adalah dibentuk oleh masyarakat. Sampah rumah tangga dan ibu punya peran penting,” tambah Nasrun.

Sementara itu, Ketua Persakmi Sulsel, Prof. Sukri Palutturi, PhD merasa senang dengan kegiatan kunjungan lapangan ini.

“Peserta sangat aktif bertanya dan menikmati kegiatan kunjungan lapangan ini,” singkat Prof Sukri Palutturi. [*/agays]