PMI Sulsel akan Bekerjasama dengan Diknas Sulsel Lakukan Sterilisasi Sekolah
Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan.

SUNGGUMINASA—Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), HM Jusuf Kalla menekankan agar seluruh relawan dan pengurus PMI se-Indonesia  melakukan langkah-langkah pengendalian Covid-19 dalam membantu pemerintah di daerah.

Hal ini diperjelas saat memberikan arahan pada Halal Bi Halal PMI se-Indonesia dalam rangka Idul Fitri 1442 Hijriah melalui virtual.

“Pandemi Covid-19 ini melanda secara global sehingga diharuskan ada langkah-langkah yang dilakukan PMI untuk menekan angka penularan Covid-19 di daerah,” katanya.

Pada kesempatan itu juga ia mengingatkan agar selalu menjaga ketersediaan stok darah, karena masyarakat membutuhkan darah sewaktu-waktu. Selain itu agar bisa melakukan donor plasma bagi siapa saja yang telah terkena Covid.

“Kita tidak tahu kapan masyarakat kita membutuhkan darah sehingga ketersediaan stok harus selalu terjaga di setiap PMI daerah,” jelasnya.

Menanggapi hal ini, Sekretaris PMI Sulsel, Rahmansyah membeberkan beberapa langkah yang telah dilakukan dan akan dilakukan oleh PMI Sulsel salah satunya penyemprotan rumah ibadah jelang ramadan kemarin.

“Ramadhan kemarin kita sudah lakukan penyemprotan dan penyerahan sprayer bekerjasama dengan organisasi Kepemudaan. Hal itu kita lakukan agar sebelum idul fitri sterilisasi telah dilakukan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, beberapa waktu kedepan pihaknya juga akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Sulsel untuk melakukan penyemprotan di sekolah-sekolah sebelum sekolah tatap muka diberlakukan.
“Dalam waktu dekat juga kita akan bekerjasama dengan Diknas Sulsel dengan menggaet PMR Wira di SMA/SMK wilayah Gowa, Makassar dan Maros untuk memberikan sprayer,” tambahnya.

Sementara Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan mengatakan kolaborasi terus dilakukan PMI untuk mengambil langkah-langkah percepatan penurunan angka penularan.

Salah satunya kolaborasi antara PMI dan beberapa organisasi yang dilakukan beberapa waktu lalu sebagai kontribusinya terhadap Sulawesi Selatan.

“Kami berharap langkah percepatan uang kita lakukan dan akan melakukan kedepannya ini bisa membantu pemerintah dalam menekan angka penularan Covid-19 khususnya di Sulawesi Selatan,” harapnya. (*)