Polisi Berikan Tips, Cara Mencegah Kejahatan di Media Sosial

Polisi Berikan Tips, Cara Mencegah Kejahatan di Media Sosial
 

MEDSOS – Maraknya terjadi di masyarakat aksi penipuan bahkan penculikan dari ulah pelaku kejahatan melalui situs jejaring sosial, mendapat perhatian khusus aparat penegak hukum. Kepolisian berbagai tips terkait cara mencegah kejahatan di Media Sosial.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto, S.IK, SH, MH melalui Wakapolresta AKBP Edy Sumardi P, S.IK mengimbau masyarakat agar jangan terlena dengan apa yang dimiliki. “Kegiatan apa yang kita lakukan sehingga dapat merugikan diri kita sendiri,” ujar Edy Sumardi melalui grup whatsapp, Minggu (3/9/2017).

Dalam suasana kegembiraan kata Edy, sering lupa bahwa kejahatan selalu ada setiap saat mengintai, baik di sadari maupun tidak, pada saat gembira ria menghadapi suasana yang membuat hati kita senang. Kegembiraan selalu disiarkan melalui media sosial baik bercanda, tukar cerita/pendapat, curhat dan memperlihatkan apa yang kita miliki melalui teman facebook, twiter, instagram dll.

“Semua kegembiraan, kesenangan hati membuat yang terindah bagi kita, sehingga kita lupa diri akan bahaya sering mengintai dimanapun kita berada, apapun yang diperbuat selalu kita memperlihatkan sikap untuk disiarkan di media sosial,” paparnya.

Selanjutnya Edy menjelaskan bahwa pertemanan melalui media sosial, tidak semua orang memiliki pikiran sama, bahkan pola pikir yang baik pasti saja ada yang mempunyai pikiran negatif. Intinya selalu muncul dipikiran untuk berbuat kejahatan dari petemanan di mediai sosial.

“Mereka-mereka itu memantau keberadaan dan posisi kita, agar mudah mereka untuk mempunyai niat dan kesempatan melakukan kejahatan terhadap apa yang kita miliki baik dirumah sendiri maupun yang ada pada kita.

Untuk mencegah agar terhindari dari kejahatan di media sosial, pertama, hindari sikap yang memperlihatkan kemewahan kita. Kedua, hindari orang-orang yang sok kenal dengan kita, padahal kita tidak kenal. Ketiga, hindari posting kegiatan di media sosial. Keempat, jangan terlalu banyak komentar di media sosial (seperlunya saja). Kelima, periksa keadaan rumah sebelum berpergian.

Selain itu, jangan mengumbar kebahagiaan, keberadaan, prestasi anak-anak, harta benda, dan kegiatan liburan, serta keadaan diri (kehamilan/kesehatan) di media sosial.

“Jika tidak selalu berhati-hati maka kejahatan selalu mengintai, Ingat kejahatan ada dimana-mana,” tutup AKBP Edy Sumardi P, S.IK. (shar)

0 Comments

Komentar Anda

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register