Rektor UT Prof Ojat Dorajat Harap Kerjasama Media Terus Ditingkatkan

Rektor UT Prof Ojat Dorajat Harap Kerjasama Media Terus Ditingkatkan
Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ojat Darojat, Dip. M.gt, M. Bus, Ph.D menyadari kehadiran media sosial atau media cetak dalam mensosialisasikan dan mempromosikan UT sebagai institusi pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh selama ini dianggap cukup efektif. (Foto: Muhammad Yahya)

MAKASSAR—Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ojat Darojat, Dip. M.gt, M. Bus, Ph.D menyadari kehadiran media sosial atau media cetak dalam mensosialisasikan dan mempromosikan UT sebagai institusi pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh selama ini dianggap cukup efektif.

Oleh karena itu Prof Ojat berharap kerjasama yang selama ini dibangun dengan media harus terus dipertahankan dan bahkan lebih ditingkatkan lagi dimasa mendatang sebagai mitra strategis dalam mensosialisasikan UT sebagai perguruan tinggi negeri ke-45 yang diakui di dalam negeri dan juga dunia.

Prof Ojat mengatakan hal ini saat melakukan kunjungan silaturahim di dua media harian di kota ini yakni, Harian Fajar dan Harian Berita Kota Makassar, Jumat malam 3 Juni 2022.

Prof Ojat didampingi Direktur UT Makassar, Dra Hasanuddin, M.Si, Penanggungjawab Kerjasama, Humas dan Alumni, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, Kepala Pusat Hubungan Internasional dan Kemitraan, Maya Maria, SE, MM serta staf UT Makassar.

Rektor UT Prof Oja Darojat sebenarnya kunjungannya ke Makassar untuk menghadiri dua kegiatan yakni Makassar, Sabtu 4 Juni 2022 kemudian melanjutkan perjalanan ke Majene (Sulbar).

Prof Ojat menambahkan keberadaan Universitas Terbuka sampai diusianya yang ke-37 tahun belum terlalu dikenal bila dibandingkan dengan perguruan tinggi negeri lainnya yang ada di Sulsel seperti Unhas dan UNM.

Berita Lainnya

Sehingga UT masih perlu banyak melakukan sosialisasi mengenalkan UT kepada masyarakat dengan memaksimalkan segala kemampuan yang dimiliki serta dapat memanfaatkan media sosial, cetak, televisi dan lainnya untuk mengenalkan UT sampai ke pelosok tanah air

Lihat Juga:  Wakil Rektor I: Wisudawan Terbaik Tingkat Universitas Diberi Prioritas Menjadi Dosen Tetap Persyarikatan

“Masih banyak yang belum mengetahui apakah itu UT perguruan tinggi negeri atau swasta. Padahal UT adalah PTN ke 45 di negeri ini,” ujar Prof Ojat.

Dikatakan Prof Ojat Darojat, peran media dalam membantu mensosialisasikan dan mempromosikan Universitas Terbuka khususnya di Kawasan Timur Indonesia ini sangat dibutuhkan terutama untuk wilayah-wilayah yang tidak terjangkau agar target 1 juta mahasiswa tahun 2027 dapat tercapai.

Sekarang ini jumlah mahasiswa UT sudah mencapai 350 ribu mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia dan di 42 negara di dunia. Dan seiring dengan perkembangan UT dari tahun ke tahun yang terus meningkat maka UT menargetkan 500 ribu mahasiswa.

Dikatakan Universitas Terbuka (UT) adalah merupakan institusi pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh yang diakui didalam negeri dan juga dunia sekarang ini ditunjuk oleh pemerintah pusat untuk menggenjot Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi di Tanah Air.

Karena APK Perguruan Tinggi ini masih rendah di Kawasan Timur Indonesia dibandingkan Bagian Barat maka Rektor Prof Ojat Darojat akan memprioritaskan Kawasan Timur untuk pengembangan UT sekaligus upaya untuk mencapai target 1 juta mahasiswa. (*)

Berita terkait