MAKASSAR – IKM Expo dan Celebes Craft 2019 resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, DR. Abdul Hayat Gani bersama ketua Dekranasda Sulsel, Lies F Nurdin di Hall Nipa Mall, Jl. Urip sumoharjo, Rabu (13/11).

IKM Expo dan Celebes Craft 2019 yang di inisiasi Dinas Perindustrian Sulsel dan Debindo menghadirkan puluhan IKM dari 24 Kabupaten Kota se-Sulsel dengan berbagai prodak unggulan dari daerah masing masing.

Dari Kuliner khas, Kain, Kerajinan tangan, pernak pernik, dan  prodak recycle dari Birma Rumah Kreatif berhasil memikat perhatian warga yang berkunjung.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perindustrian Sulsel, Ahmadi Akil mengatakan bahwa gelaran IKM Expo dan Celebes Craft 2019 ini merupakan wadah bagi para pelaku industri untuk memamerkan produknya, Ia juga menambahkan bahwa Pemrov Sulsel mendukung penuh masyarakat yang ingin mengembangkan IKM-nya dengan memfasilitasi ke berbagai pihak diantaranya Kementrian Agama untuk Prodak Halal, Kemenkumham untuk HAKI serta ke berbagai Market Place untuk pemasaran produk.

“Ini wadah bagi pelaku IKM untuk menampilkan prodak unggulannya dan Pemprov akan selalu mendukung dan menfasilitasi ke sejumlah Market Place untuk mewadahi para IKM diantaranya Shopee, Blibli dan Bukalapak,” Kata Ahmadi dalam sambutannya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Pemprov Sulsel, DR Abdul Hayat Gani yang mewakili Gubernur provinsi Sulawesi Selatan sangat mengapresiasi kegiatan IKM Exspo dan berharap kedepan dapat dibuat lebih besar lagi dan menghadirkan produk-produk unggulan di daerah,

“IKM Ekspo ini menjadi inovasi dan promosi bagi IKM, Kami berharap kedepan lebih besar lagi sehingga bisa menghadirkan lebih banyak IKM didaerah,” kata Abdul Hayat.

Selain itu, dalam gelaran event tersebut juga digelar penandatangan MOU dengan Kemenkumham dan Kemenag untuk Haki dan sertifikasi Halal serta talkshow untuk memotivasi pelaku IKM diantaranya dari Google dan Tokopedia. [4ld]