Beranda ยป Dunia ยป Serangan Bom Tewaskan 4 Tentara, 5 Muslim Syiah di Pakistan
Serangan Bom Tewaskan 4 Tentara, 5 Muslim Syiah di Pakistan
ARSIP - Seorang serdadu AD Pakistan bersiaga di terminal perbatasan Ghulan Khan, sebuah kota di Waziristan Utara, di perbatasan Pakistan dan Afghanistan, 27 Januari 2019 (foto: Farooq Naeem/AFP)
Dunia

Serangan Bom Tewaskan 4 Tentara, 5 Muslim Syiah di Pakistan

ISLAMABAD – Pihak berwenang Pakistan mengatakan serangan bom pinggir jalan hari Jumat di dekat perbatasan Afghanistan menewaskan sedikitnya 4 tentara dan melukai empat lainnya.

Sementara dua serangan bom terpisah di wilayah barat daya negara itu menewaskan 5 anggota komunitas Muslim minoritas Syiah.

Juru bicara militer mengatakan, konvoi pasukan keamanan sedang melakukan perjalanan melalui daerah Kharkamar di distrik Waziristan Utara yang terpencil ketika dihantam bom rakitan yang ditanam di jalan itu oleh teroris.

Seorang letnan kolonel, seorang mayor dan seorang kapten termasuk di antara yang tewas.

Militer mencatat serangan itu terjadi di daerah di mana pasukan keamanan telah “melakukan operasi pencarian dan penangkapan beberapa fasilitator” serangan teroris baru-baru ini di distrik Waziristan.

Ditambahkan, peningkatan kekerasan dalam bulan lalu menewaskan sedikitnya 10 tentara dan melukai 35 lainnya.

Sementara itu, pejabat-pejabat di provinsi Baluchistan hari Jumat mengatakan dua ledakan bom terpisah menewaskan sedikitnya lima orang dan melukai lebih dari 12 lainnya.

Para korban adalah anggota komunitas minoritas Muslim Syiah Pakistan. Kelompok etnis Baluch dan militan yang terkait Taliban Pakistan yang dilarang, serta ISIS, aktif di provinsi tersebut. Belum ada klaim tanggung jawa atas kedua serangan. [voa]