Siapkan 3 Pesawat, TNI AU Siap Tembus Wuhan Evakuasi WNI

0
34

VIDEO – Sejumlah WNI terjebak di kota Wuhan, China, akibat diisolasi karena Virus Corona.

Pemerintah Indonesia, melalui TNI Angkatan Udara mengaku telah menyiapkan pesawat dan tenaga medis untuk menjemput WNI di Wuhan.

TNI Angkatan Udara telah menyiagakan dua unit pesawat Boeing B737 dan satu unit C130 Hercules untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) di Kota Wuhan, Cina.

Selain itu TNI AU juga telah menyiapkan personel Batalyon Kesehatan. Hal itu disampaikan lewat akun Twitter resmi milik TNI AU @_TNIAU pada Rabu (29/1/2020) pukul 07.43 WIB.

Lewat akun resminya, TNI AU mengatakan bahwa unit pesawat dan personel kesehatan itu disiagakan berdasar hasil rapat bersama Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut pilihan evakuasi WNI dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Cina merupakan pilihan terbuka. Namun evakuasi itu tidak mudah dilakukan. Sebab status karantina yang ditetapkan pemerintah setempat terhadap tempat asal penyebaran virus corona tipe baru.

sementara itu per tanggal 29 januari 2020, Jumlah korban tewas di dataran China akibat wabah coronavirus meningkat menjadi 132 orang. Sementara jumlah orang yang tertular mencapai 5.974 orang. [*]