Beranda » Event » Singapura Menggelar Kualifikasi Balap McLaren Shadow Project Pertama di Asia-Pasifik
Singapura Menggelar Kualifikasi Balap McLaren Shadow Project Pertama di Asia-Pasifik
Event Sport

Singapura Menggelar Kualifikasi Balap McLaren Shadow Project Pertama di Asia-Pasifik

Singapore Tourism Board (STB) pada 28 Juni 2019 menggandeng McLaren Shadow Project untuk menggelar ajang pencarian calon pembalap e-sport terbaik.

Sebagai bagian dari kemitraan ini, Singapura akan menjadi tuan rumah “Race to Singapore”, acara kualifikasi Asia-Pasifik pertama dalam kompetisi balap e-sport McLaren yang dijadwalkan berlangsung pada 19 September 2019.

Sepanjang Agustus 2019, para gamer dan penggemar balap e-sports di Asia Pasifik dapat mengikuti kualifikasi balapan online untuk mendapatkan peluang bergabung dalam kualifikasi “Race to Singapore”. Delapan kontestan terbaik akan diterbangkan ke Singapura untuk membalap di F1®2019, videogame resmi 2019 FIA FORMULA ONE WORLD CHAMPIONSHIP. Meskipun e-sports, para pembalap akan bertanding di kokpit McLaren MCL34, mobil balap yang sama dengan yang akan dikemudikan oleh Lando Norris dan Carlos Sainz di trek Grand Prix Singapura 2019 akhir pekan itu.

“Balap e-sports saat ini semakin populer di Indonesia. Beberapa tahun terakhir  semakin banyak gamer berbakat Indonesia bersaing di pentas dunia. Bulan Mei lalu, tim e-sports Indonesia, PSG RRQ, meraih juara dalam kompetisi mobile game populer yang berlangsung di Singapura. Kemitraan kami dengan McLaren Shadow Project akan menjadi ajang besar bagi penggemar videogame balap Indonesia untuk membuktikan keterampilan mereka di kompetisi balap e-sports kelas dunia yang akan memeriahkan musim Grand Prix Singapura 2019. Warga Singapura dan para pengunjung – termasuk para penggemar aksi – dapat menemukan dan memperdalam minat mereka melalui berbagai pengalaman, terutama mereka yang menikmati permainan dan olahraga motor. Mengingat bahwa e-sports kebanyakan menarik minat audiens muda, balapan virtual ini diharapkan dapat memikat perhatian para pengunjung muda dan milenial, dan menarik mereka untuk datang ke acara balap yang unik ini,” kata Raymond Lim, Area Director STB Indonesia.

Pemenang “Race to Singapore” akan diundang ke McLaren Technology Centre di Woking, Inggris pada Desember 2019 untuk bersaing dengan kontestan terbaik dunia di putaran final McLaren Shadow Project. Selain itu, para finalis juga akan dilibatkan dalam sebuah program yang benar-benar membayangi dunia nyata McLaren dengan kesempatan untuk memenangkan kursi di tim e-sports McLaren Shadow, mendapatkan akses ke program pengembangan pengemudi balap McLaren DNA, serta memenangkan serangkaian hadiah simulasi balap (sim-racing) khusus.

Dengan kesiapan Asia Tenggara yang memiliki penonton e-sports paling cepat berkembang secara global, kemitraan antara McLaren Shadow Project dan STB membawa peluang yang sangat baik bagi bakat-bakat e-sports di kawasan untuk maju ke panggung dunia. “Race to Singapore” akan memosisikan Singapura sebagai basis alami konten game regional dan semakin mendorong negara ini untuk menjadi pusat e-sports di wilayah tersebut. Acara kualifikasi langsung juga akan menambah kalender acara hiburan yang menarik, termasuk gamescom Asia – yang akan debut di Asia pada Oktober 2020, dan Singapura ComicCon.

Ben Payne, Head of e-Sports Mclaren berkomentar, “Ini merupakan kerja sama yang sangat menarik bagi McLaren Shadow Project musim kedua. STB memberi peluang unik bagi kami untuk bisa mengenal para pemain game online di Asia-Pasifik sebelum nantinya menyambut delapan besar di acara balapan Singapura selama pekan Grand Prix, termasuk melawan pembalap F1 McLaren Lando Norris yang kebetulan pemain game yang penuh semangat.

Pada 2018, kompetisi ini menarik lebih dari setengah juta peserta dari seluruh dunia, dengan proporsi pemain yang kuat dari wilayah Asia-Pasifik, termasuk Xiang Gao dari Tiongkok dan Kazuki Cho dari Jepang, yang berhasil mengalahkan pesaing-pesaing tangguh di tingkat dunia untuk bergabung bersama kami di babak akhir kompetisi. Kami berharap ada lagi bakat-bakat baru yang akan bergabung di final dengan kami melalui rangkaian babak kualifikasi utama ini.”

Tambahan dimensi e-sports ke dalam rangkaian Grand Prix Singapore Season (GPSS) diharapkan akan memperluas daya tarik balapan ini bagi pengunjung dan warga Singapura yang menikmati permainan dan olahraga motor.

Untuk mengikuti perkembangan terbaru kompetisi McLaren Shadow Project, termasuk detail kualifikasinya, silakan ikuti serial YouTube McLaren Shadow Project, atau kunjungiwww.mclaren.com untuk informasi lebih lanjut. [*]