STIA LAN Lakukan Kerjasama dengan DPK Sulsel Buka Konsentrasi Kearsipan Tahun Ini

0
18

MAKASSAR – Sumber Daya Manusia (SDM) Kearsipan memiliki peranan yang sangat besar dalam menciptakan Tertib Arsip bagi organisasi.yang Secara umum di Sulawesi Selatan secara jumlahnya belum mencukupi kuota yang disiapkan.

Menindaklanjuti Hal ini Maka Dinas Perpustakaan dan kearsipan (DPK) Provinsi sulsel bekerjasama dengan Politeknik STIA LAN Makassar dalam Pembentukan Prodi ST APN Konsentrasi Kearsipan.

kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel Hasan Sijaya mengaku sangat menyambut baik kerjasama ini, bahkan berkeinginan agar segera terbentuk dalam waktu dekat.

“Sebuah kebahagiaan bagi kami karena hadirnya Konsentrasi Kearsipan pada STIA LAN merupakan senjata ampuh dalam menyelesaikan permasalahan kearsipan khususnya SDM Kearsipan yang masih sangat minim.Ungkap Hasan saat pertemuan di Ruang Rapat Van Deuw Agustunus Politeknik STIA LAN Makassar senin (17-2-20).

“Kami berharap dalam waktu dekat POLITEKNIK STIA LAN dan DPK Provinsi sulsel akan bersama-sama audiensi dengan Gubernur Sulawesi Selatan sekaligus melaporkan pemmbentukan Konsentrasi Kearsipan pada STIA LAN Makassar.Tegasnya.

Sementara itu Pengelola ST APN POLITEKNIK STIA LAN, Alam mengatakan pertemuan ini adalah pertemuan yang kedua,dimana pada pertemuan awal dilaksanakan di Tamalanrea, Kantor DPK Provinsi SulSel yang juga dihadiri oleh kedua belah pihak.

“Alhamdulillah kami telah menyelesaikan penentuan Mata Kuliah Kearsipan, dan akan dilanjutkan dengan RPS dan pembuatan modul pengajaran. Sebagian besar Dosen/Pengajar berasal dari DPK Provinsi SulSel dan Insya Allah pendaftaran Mahasiswa baru dibuka pada pertengahan tahun ini, dan calon Mahasiswa Baru berasal dari ASN dan Umum,” Pungkasnya.

Sementara itu Amir mewakili Perguruan Tinggi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Dinas atas bantuan dan kerjasamanya dalam mendukung dibentuknya Konsentrasi Kearsipan pada Politeknik STIA LAN ini.

“Ini sebuah langkah maju mengingat sangat minimnya Perguruan Tinggi di Indonesia yang membuka Prodi atau jurusan Kearsipan, bahkan untuk Indonesia Timur belum ada, jadi kami berharap Kearsipan STIA LAN ini akan menjadi solusi untuk menyiapkan SDM yang akan dipersiapkan sebagai Arsiparis maupun SDM Kearsipan Non Arsiparis bagi organisasi pemerintah, Lembaga Negara, terkhusus Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia, terkhusus di Sulawesi Selatan,” Tutupnya.

Hadir pada pembahasan ini Direktur Politeknik STIA LAN MKS, Professor Amir dan jajarannya sementara dari DPK Prov.SulSel, Kepala DPK Prov.SulSel, Moh.Hasan, didampingi Pejabat Struktural Bidang Kearsipan, Pejabat Fungsional Arsiparis dan staf.

Sebagai informasi sebuah Jargon mengatakan “TERTIB ARSIP TERTIB ADMINISTRASI”, memberikan isyarat akan pentingnya Kearsipan bagi Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara. [*]