Beranda » Media Kampus » Supervisor & Satgas PBL FKM Unhas Lakukan Kunjungan Lapangan
Supervisor & Satgas PBL FKM Unhas Lakukan Kunjungan Lapangan
Media Kampus

Supervisor & Satgas PBL FKM Unhas Lakukan Kunjungan Lapangan

TAKALAR – Semua Supervisor dan Satuan Tugas (Satgas) Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas), secara serentak lakukan kunjungan lapangan ke setiap desa/kelurahan di Kecamatan Polongbangkeng, Takalar, Kamis (27/6/2019).

Supervisor dan Satgas tersebut dibagi menurut departemen dan desa/kelurahan dimana mahasiswa melaksanakan kegiatan PBL tahun 2019 ini.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas, Prof Sukri Palutturi SKM MKes MSc PH PhD, sebagai unsur pimpinan bersama Prof Dr Ridwan Amiruddin SKM MKes MSc PH mendapat tugas melakukan kunjungan di Desa Barugaya dan Desa Kampung Beru, kecamatan Polongbangkeng, Takalar, dan disambut langsung kepala desa setempat, Sujarwan SSos.

Menurut Sujarwan, desa Barugaya merupakan desa yang cukup padat penduduknya, yaitu mencapai sekitar 4000 jiwa yang 30 % masih tergolong miskin. Dengan mata pencaharian penduduk adalah petani sawah dan tebu serta peternak. Bahkan jumlah ternak di desa ini lebih banyak daripada jumlah penduduk.

Menurut Kordes Barugaya Muh Alifyadi, selama proses pengumpulan data lapangan, tantangan terbesar dihadapi peserta PBL FKM Unhas di DS. Barugaya adalah susahnya responden dijumpai. Namun demikian, pengumpulan data sudah hamper rampung, dan diharapkan Jumat (28/6) dijadwalkan dapat dilaksanakan seminar akhir.

Dosen lainnya yang juga melakukan kunjungan lapangan adalah Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya, Dr Atjo Wahyu SKM MKes bersama dengan dr Makmur Selomo MS dan Muhammad Arsyad SKM MKes. Mereka bertugas masing-masing di Desa Kampung Beru, Desa Massamaturu dan Desa Lassang Barat.

Selain itu, juga turut melakukan kunjungan lapangan antara lain Yahya Thamrin SKM MKes MOHS PhD di Desa Balantanaya, Prof Dr Indar SH MPH dan Ir Nurhayani MS di Desa Lassang, Dr dr Masyita Muis MS di Desa Balangtanaya, bersama Adelia Undang Sari Ady Mangilep SKM MARS.

Menurut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas, Prof Sukri Palutturi adanya Satgas yang berasal dari para dosen masing-masing departemen dan KTU merupakan hal baru dalam PNL tahun ini, hal itu ditempuh.

Selain sebagai upaya memaksimalkan dosen dalam unsur pengabdian masyarakat, juga sebagai upaya membantu para dosen dalam pengisian Beban Kinerja Dosen. (*/464Ys)