Survei LSI, Empat Tahun Kepemimpinan Adnan, Masyarakat Gowa Puas

0
8

MAKASSAR – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memotret Empat tahun masa jabatan Adnan Purichta lchsan Yasin Limpo (IYL) sebagai Bupati Kabupaten Gowa dalam masa pemerintahan 2015-2020.

Peneliti LSI, Haerul Aman memaprkan hasulnya. Bahwa selama empat tahun pemerintahan Adnan di Kabupaten Gowa masyarakat merasa puas dan masyarakat juga sudah dapat merasakan hasil dari kepemimpinan Adnan di berbagai sektor.

“Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memotret melalui hasil surveinya menyebutkan bahwa sebesar 83,75 persen masyarakat menyatakan sangat puas terhadap kinerja Adnan Purichta IYL. Selain itu, 80,68 persen masyarakat menilai pemerintahan Adnan sangat berhasil,” ujarnya saat jumpa pers di Hotel Mercure, Rabu (27/11/2019).

Menurutnya, hasil tersebut berdasarkan survei yang dilakukan di Kabupaten Gowa pada 14-19 Oktober 2019 dengan total 880 responden yang tersebar di seluruh kecamatan dengan perbandingan kamkteristik demografls dan geografls yang proporsional.

“Wawancara yang dilakukan pada responden dilakukan secara tatap muka. Multistage random sampling dipilih sebagai metode survei dengan selang kepercayaan 95 persen dan margin of eror 3,37 persen,” tuturnya.

Lanjut dia, bahwa masyarakat Kabupaten Gowa menilai sangat puas akan keberhasilan incumbent dalam mengatasi berbagai masalah umum yang muncul di lingkungan Kabupaten Gowa.

Tingkat kepuasan tertinggi yang diberikan masyarakat yaitu keberhasilan incumbent dalam penanganan masalah keamanan, pelayanan pendidikan, dan pelayanan kesehatan.

“Dengan persentase masyarakat yang menjawab puas masing-masing sebesar 87,85 persen, 86,47 persen, dan 80,34 persen,” terangnya.

Selain itu, masyarakatjuga merasakan kepuasan yang tinggi terhadap keberhasilan pemerintah dalam penanganan masalah pelayanan administmsi publik, penegakan hukum, pelayanan air bersih, pelayanan fasi|itas kebersihan.

“Juga perbaikan tata kota dan penerangan jalan dengan persentase masyarakat yang menjawab puas masingmasing diatas 60 persen,” katannya. [*]