Beranda ยป Makassar ยป Tahun 2019 Dinas Pertanahan Makassar Target Sertifikatkan 100 Bidang Tanah
Tahun 2019 Dinas Pertanahan Makassar Target Sertifikatkan 100 Bidang Tanah
Makassar

Tahun 2019 Dinas Pertanahan Makassar Target Sertifikatkan 100 Bidang Tanah

MAKASSAR – Pemerintah kota Makassar melalui Dinas Pertanahan Kota Makassar pada tahun 2019 mendatang, menargetkan akan mensertifikatkan 100 bidang tanah.

Pada tahun 2019 mendatang, Dinas pertanahan kota Makassar, menargetkan mensertifikasi 100 bidang tanah pemkot. Saat ini, sudah ada persiapan beberapa bidang untuk puskesmas dan sekolah yang sementara diajukan, Kata kepala dinas pertanahan kota Makassar Manai Sofyan.

“Sekarang, hubungan kerjasama dengan BPN, sudah ada kesepahaman. BPN banyak membantu kita dalam rangka untuk pensertifikatan tanah-tanah pemkot. Mudah-mudahan target itu, yang 100 bidang bisa direalisasikan. Kan ini juga kendalanya di BPN tenaga pengukurnya terbatas. Sedangkan banyak yang dilayani,” pungkasnya.

Ia menambahkan, tugas Dinas Pertanahan dan BPN tidaklah sama. Untuk mensertifikatkan tanah, menjadi tanggungjawab BPN.

“Kalaupun pemkot mau urus sertifikat tanah, sama dengan masyarakat. Mendaftar dan antri juga. Tapi, kita disini intinya bagaimana mengamankan tanah-tanah pemkot dengan baik,” imbuhnya.

Selain program inti, tambah Manai, ada beberapa program penunjang yang sudah dilaksanakan. Mulai dari program pelayanan administrasi perkantoran, program peningkatan sarana dan prasarana aparatur, peningkatan disiplin apartur, peningkatan kapasitas sumber daya aparatur, hingga program peningkatan pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan. [UDN]