Urutan Film Star Wars dari Skywalker Saga
Star Wars

MAKASSAR—Urutan film Star Wars mungkin tidak diketahui generasi milenial. Padahal, film ini sudah ada sejak era 70an. Bahkan, film tersebut sudah hadir dengan teknologi yang cukup canggih. Jika Anda belum pernah mengenal film ini sebelumnya, simak urutan dari film fenomenal yang menjadi salah satu film terlaris.

1. Original Trilogy pertama: A New Hope

Bagi mereka yang selalu mengikuti serial ini dari awal, mereka pasti tidak bingung dengan trilogy-trilogy yang sudah khas sebagai bentuk urutan film Star Wars. Original trilogy terdiri dari tiga episode yaitu Episodes IV, V dan VI.

Episode IV berjudul A New Hope yang rilis pada tahun 1977. Film ini menghadirkan tokoh utama Luke Skywalker.

Luke ini adalah pria biasa yang terjebak pada pertarungan di luar angkasa antara the Empire dan the Rebellion karena memiliki dua droid yaitu R2-D2 (Baker) dan C-3PO (Daniels). Mereka berdua membawa skematik dari senjata pamungkas Empire yaitu the Death Star.

2. Original Trilogy kedua: The Empire Strikes Back

Tiga tahun berikutnya, Episode V The Empire Strikes Back dirilis pada 1982, tepatnya bulan Mei. Film ini menjadi film dengan catatan rekor pemasukan tertinggi saat itu, yaitu $440 juta di AS saja, dan $550 juta di seluruh dunia untuk penayangan perdana dan juga hak siar di berbagai televisi. Bahkan, film ini juga menjadi salah satu film terbaik dari semua Star Wars saga.

3. Original Trilogy ketiga: The Return of the Jedi

Film ini dirilis pada tahun 1983 dan juga menjadi salah satu film terlaris di tahun tersebut. Meski tidak mencetak angka sefantastis sekuel sebelumnya, namun The Return of the Jedi juga mencatatkan sejarah sebagai film berteknologi tinggi di era tersebut.

4. Prequel Trilogy pertama: The Phantom Menace

Prequel trilogy adalah trilogi berikutnya dari trilogy film sebelumnya dimana urutan film Star Wars yang pertama hingga nanti di akhir prequel trilogy disebut Skywalker Saga. Jadi jangan bingung ya jika film ini justru dinamakan Episode I – The Phantom Menace yang rilis pada 1999.

Para aktor dan aktrisnya pun sudah berbeda generasi. Tentu, setelah belasan tahun film StarWars tidak hadir menyapa penggemarnya, film ini mencatat perolehan fantastis yaitu lebih dari $900 juta di seluruh dunia.

5. Prequel Trilogy kedua: Attack of the Clones

Rilisnya di tahun 2002 tepatnya bulan Mei cukup membuat banyak penggemar lawas kecewa. Mereka menganggap bahwa sekuel yang satu ini tidak terlalu menggebrak, bahkan yang terburuk dari sekuel berikutnya. Namun demikian, perolehan masih lumayan karena mencapai kurang lebih $600 juta.

Namun, banyak pengamat yang menganggap bahwa ada perkembangan dalam hal efek visual dan audio serta desain kostum.

6. Prequel Trilogy ketiga: Revenge of the Sith

Ini adalah akhir dari Skywalker Saga yang rilis pada tahun 2005. Festival Film Cannes menayangkan perdana film ini, dimana film ini dianggap jauh melebihi sekuel-sekuel sebelumnya, terlebih dalam hal action, efek visual dan penampilan aktor pendukung. Film ini juga menjadi film terlaris di tahun 2005, dengan pencapaian hingga hampir sembilan ratus juga dolar di seluruh dunia.

Jadi, jangan bingung dengan urutan film Star Wars. Yang lebih menarik saat ini adalah film-film StarWars dalam berbagai versi sudah hadir melalui Netflix. (Adv/464Ys)