Vaksinasi Pengemudi Online & Truk: Sekprov Harap, Semoga Memutus Laju Penyebaran Covid-19
Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani didampingi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel Muhammad Arafah membuka pelaksanaan vaksinasi bagi Pengemudi Transportasi Online dan Pengemudi Truk di Area Pelabuhan Makassar, yang dilaksanakan di Aula Kantor Pelindo IV, Rabu, 25 Agustus 2021.

MAKASSAR—Pelaksanaan Vaksinasi bagi Pengemudi Transportasi Online dan Pengemudi Truk di Area Pelabuhan Makassar, diharapkan dapat memutus laju penyebaran Covid-19. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Pelindo IV, Rabu, 25 Agustus 2021.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Sulsel menghaturkan terimakasih dan apresiasi kepada Dirjen Perhubungan Darat yang ikut mendukung proses vaksinasi ini.

“Semoga dengan ini, dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Abdul Hayat, didampingi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel Muhammad Arafah.

Menurut Sekprov, dalam mengefektifkan penanggulangan pandemi, tidak cukup dengan protokol kesehatan. Tetapi, memang diperlukan intervensi berupa vaksinasi dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Saat ini, kata Abdul Hayat, Pemprov Sulsel terus berupaya melakukan berbagai intervensi dari hulu ke hilir untuk menanggulangi Covid-19. Ia berharap, dapat memenuhi target vaksinasi di Sulsel.

Lebih lanjut, Abdul Hayat menyampaikan, saat ini Pemprov Sulsel menyediakan program mobile vaksinator untuk menyasar area aglomerasi Maminasata (Makassar, Maros, Sungguminasa, Gowa dan Takalar), yang sekaligus melayani kelompok-kelompok masyarakat.

“Tentunya, ini menjadi suatu hal yang melegakan bagi kita semua, apabila solusi demi solusi untuk menangani Covid-19 di Sulsel terus berjalan dengan baik. Sehingga, upaya kita untuk tahap berikutnya dapat segera kita laksanakan,” ungkapnya.

Ia juga berharap dukungan dari seluruh pihak, baik dalam proses mengendalikan Covid-19, maupun pencapaian target vaksinasi seperti yang dilakukan oleh Dirjen Perhubungan Darat saat ini.

“Saya bersyukur atas antusiasme masyarakat di berbagai kesempatan vaksinasi massal, baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun dinas terkait yang selalu dihadiri oleh masyarakat,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Abdul Hayat mengatakan, per tanggal 21 Agustus 2021, capaian vaksinasi di Sulsel sebanyak 1,8 juta (26,85 persen) dari total target sebesar 7 juta.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel Muhammad Arafah menambahkan, pemerintah pusat sangat perhatian terhadap daerah khususnya dalam rangka vaksinasi.

“Pemerintah pusat sangat perhatian ke daerah utamanya dalam rangka vaksinasi karena kita masih rendah, masih 26,58 persen, harapan kita nanti di bulan Agustus bisa sampai 40 sampai 50 persen sejalan keinginan Plt Gubernur Sulsel untuk kebut vaksin,” kata Arafah.

Dikatakan, vaksinasi untuk pengemudi transportasi online dan pengemudi truk ini untuk dosis pertama dengan jumlah sekitar 400 orang.

“Vaksinasi ini untuk dosis pertama dengan pelayanan sekitar 350 sampai 400 orang, khusus pengemudi transportasi online dan pengemudi truk di area pelabuhan,” Sebutnya.

Arafah menjelaskan, kunjungan kerja Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI Budi Setiyadi di Sulsel, selain untuk menyaksikan vaksinasi sekaligus melihat pembuatan kapal di PT IKI. “Pak dirjen juga melihat pembuatan kapal di PT IKI,” tutupnya.

Vaksinasi Pengemudi Online & Truk: Sekprov Harap, Semoga Memutus Laju Penyebaran Covid-19
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI Budi Setiyadi.

Saat itu, Dirjen perhubungan Darat Budi Setyadi didampingi Sekprov Sulsel Abdul Hayat Gani dan Kadishub Muhammad Arafah melihat langsung proses vaksinasi sekaligus bercengkrama dengan pengemudi online.

Hadir dalam kegiatan ini, Dirjen perhubungan Darat Kemenhub RI, Komandan Pangkalan utama TNI AL VI Makassar, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Ditlantas Polda Sulsel, Direktur Pelindo IV (Persero), para Kepala OPD lingkup Pemprov Sulsel, dan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XIV. (*)