MEDIASULSEL.COM—Tanaman Kencana Ungu yang dalam bahasa Ilmiahnya dikenal dengan nama Ruellia angustifolia atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah Plethekan yang dalam masyarakat Bugis/Makassar diberi istilah Lapo’-lapo’ adalah tanaman liar yang banyak dijumpai dipagar-pagar atau di semak belukar.

Kencana Ungu memiliki bunga umumnya berwarna ungu meski ada beberapa yang berwarna merah muda,putih dan kadang kala kebiru-biruan dan buahnya menyerupai lidi yang jika kering atau berwarna coklat saat terkena air dia akan meletus yang mengakibatkan biji di dalam buahnya terlontar keluar.

Meski hingga saat ini tidak ada yang menjadikan bunga ini sebagai tanaman hias, namun kekhasan warna bunganya sangat menarik dan indah dipandang mata.

Meski tumbuh liar dan banyak ditemui di sembarang tempat, ternyata tanaman ini diketahui memiliki khasiat yang luar biasa. Setidaknya tanaman yang sangat mudah tumbuh dan berkembang ini,berdasarkan penelusuran Mediasulsel.com memiliki 6 manfaat bagi kesehatan manusia.

Mengenal Tanaman Kencana Ungu dan Manfaatnya
Tanaman Kencana Ungu yang dalam bahasa Ilmiahnya dikenal dengan nama Ruellia angustifolia atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah Plethekan yang dalam masyarakat Bugis/Makassar diberi istilah Lapo’-lapo’ adalah tanaman liar yang banyak dijumpai dipagar-pagar atau di semak belukar.
1. Mangatasi Gatal

Untuk mengatasi gangguan gatal pada kulit, Anda cukup dengan mencuci bersih bunga tanaman Kencana Ungu lalu tumbuk hingga halus, kemudian balurkan pada area kulit yang mengalami gatal.

2. Mengobati Batuk

Meski batuk merupakan penyakit ringan yang sering menyerang manusia, namun kehadirannya acap kali membuat penderita tersiksa dan bahkan sulit tidur.

Untuk memanfaatkan Kencana Ungu menjadi obat batuk, Anda cukup dengan meminum secara rutin air rebusan bunga kencana ungu ini.

3. Mengatasi Diabetes

Daun Kencana Ungu memiliki manfaat yang bagus dalam menjaga kadar gula darah agar tetap normal dan juga bisa menurunkan kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes. Caranya cukup dengan rebus satu genggam daun Kencana Ungu dengan air secukupnya.

Kemudian tiriskan lalu minum airnya dua kali sehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, minum secara rutin dan dengan diimbangi pola hidup sehat.

Insya Allah akan membuat penderita diabetes normal kembali. Hentikan minum ramuan ini ketika gula darah sudah kembali normal.

4. Mencegah Hipertensi

Guna mencegah hipertensi, Anda cukup dengan menggunakan 12 kuncup bunga Kencana Ungu direbus dengan 1 liter air, setelah kurang lebih mendidih selama 15 menit, matikan api kompor, lalu saring dan dinginkan untuk kemudian diminum secara rutin 2 kali sehari pagi dan sore.

5. Menyembuhkan Peradangan

Akar dari bunga kencana ungu ini memiliki khasiat sebagai minuman herbal untuk mengobati luka lambung dan usus dua belas jari.

Untuk membuat ramuan ini, Anda harus terlebih dahulu menjemur akar kencana ungu di bawah terik matahari hingga benar-benar kering.

Setelah kering, haluskan akar tersebut lalu rebus ke dalam air. Kemudian minumlah ramuan ini dalam kondisi yang hangat.

6. Mengobati Saluran Kemih dan Ginjal

Untuk mengatasi penyakit saluran kemih atau Ginjal, Anda hanya perlu merebus 75-112 gram seluruh batang segar atau 25-38 gram batang dari bunga kencana ungu yang sudah kering dalam satu liter air.

Selanjutnya dinginkan dan minumlah secara rutin setiap pagi sebelum makan pagi.

Untuk menghindarkan efek yang kemungkinan muncul usahakan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Jadi ketika penyakit yang anda derita telah normal, hentikanlah mengkonsumsinya. Selamat mencoba. (464Ys)