Beranda » Dunia » 14 Juta Penduduk Yaman Terancam Kelaparan
Awsaf, 5 tahun, sedang minum teh di Abyan, Yaman. Awsaf hanya mendapat asupan 800 kalori sehari dari mengonsumsi roti dan teh, separuh dari jumlah asupan kalori normal untuk anak perempuan seumurnya, 5 Februari 2018.
Dunia

14 Juta Penduduk Yaman Terancam Kelaparan

DUNIA – Kepala badan bantuan PBB Mark Lowcock mengatakan, Selasa (23/10), bahwa kelompok-kelompok bantuan kemanusiaan tidak berdaya mencegah kelaparan yang akan segera menimpa 14 juta penduduk di Yaman.

“Kini ada bahaya yang jelas akan terjadinya kelaparan hebat di Yaman,” kata Lowcock dalam sidang Dewan Keamanan PBB.

Bahaya kelaparan ini akan lebih besar dan lebih buruk daripada yang bisa dibayangkan oleh para pekerja bantuan kemanusiaan, kata Lowcock menambahkan.

Pejabat bantuan PBB itu pernah memperingatkan akan bencana kelaparan di Yaman tahun lalu.

Tapi, karena bantuan kemanusiaan bisa ditingkatkan dan blokade yang dilakukan Arab Saudi atas Yaman dicabut, keadaannya masih bisa diatasi.

Ia mengatakan, perkiraan yang dibuat PBB bulan lalu tentang 11 juta orang yang akan menghadapi kelaparan tidak akurat dan karena itulah ia mengumumkan angka yang lebih tinggi.

Perkiraan itu disebabkan adanya survei dan analisis terbaru yang mengatakan jumlah orang yang hidupnya sama sekali tergantung dari bantuan luar, bisa mencapai 14 juta. Itu berarti separuh dari penduduk Yaman.

Koalisi pimpinan Arab Saudi melancarkan kampanye pengeboman atas pemberontak Houthi mulai Maret 2015.

Sejak itu, PBB memperkirakan lebih dari 10 ribu orang tewas, kebanyakan karena serangan udara. [VOA/shar]