Beranda ยป Sulsel ยป Belum di Fungsikan, Stadion Barombong Ambruk
Sulsel

Belum di Fungsikan, Stadion Barombong Ambruk

MAKASSAR – Bangunan tribun lantai tiga bagian selatan Stadion Barombong, Sulawesi Selatan ambruk sepanjang 8 meter pada Sabtu, 2 Desember 2017.

Menurut informasi peristiwa robohnya stadion yang akan menjadi kebanggaan masyarakat sulsel itu terjadi saat proses pengecoran pembuatan tempat duduk.

Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Stadion Barombong, Muchlis Mallajareng menjelaskan bahwa adanya kendala konstruksi pada penyangga bangunan. Dan diperparah dengan cuaca ekstrim akibat hujan yang mengguyur Kota Makassar dalam beberapa hari terakhir.

“Ssatunya faktor cuaca. Kayu penyangganya sudah terpasang sudah seminggu jadi rusak karena terkena hujan terus menerus, dan tidak bisa dicor beton,” ungkap Muchlis.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Selatan ,Sri Endang Sukaersih mengungkapkan bahwa bangunan yang ambruk sekitar 8 meter yang terdapat di tribun selatan stadion.

“Yang roboh itu satu segmen, panjang 8 meter, tapi itu mempengaruhi segmen berikutnya,” kata Sri Endang Minggu, 3 Desember 2017.

Sri juga membenarkan penyebab robohnya bangunan tersebut karena cuaca ekstrim yang beberapa hari ini melanda kota makassar, sehingga tiang gedung yang dipenuhi air tak mampu menahan material pada pengecoran.

“Saya perintahkan untuk membersihkan dan memperbaiki kembali, dan meminta semuanya diganti,” kata Sri.

Saat ini pembangunan tribun selatan dan utara sudah stadion Barombiong sudah rampung 37,57 persen dari target 37,34 persen. [*/4ld]