Beranda » Viral » Benarkah Sosok Misterius Berjubah Hijau Depan Kabah itu Nabi Khidir..?
Benarkah Sosok Misterius Berjubah Hijau Depan Kabah itu Nabi Khidir..?
Viral

Benarkah Sosok Misterius Berjubah Hijau Depan Kabah itu Nabi Khidir..?

VIRAL – Mekkah atau Makkah al-Mukarramah menjadi salah satu tujuan utama kaum muslimin dari selutuh penjuru dunia.

Tak heran apabila banyak orang dari berbagai suku dan negara didunia berkumpul dan bersimpuh di tempat paling suci ummat Islam ini. Selain untuk menunaikan ibadah haji dan umrah para jamaah juga berziarah ke makam Nabi dan para sahabat.

Beberapa waktu lalu, seorang jamaah asal Malaysia bernama Mohd Ali yang sedang melakukan ibadah di depan Kabah melihat sesuatu yang aneh sesaat sebelum memasuki waktu salat duha, Rabu (31/5).

Mohd Ali yang sedang memanjatkan doa, tak sengaja melihat sosok yang menarik perhatiannya.

Pria asal Malaysia itu mengaku bertemu dengan seorang laki-laki yang mengenakan jubah berwarna hijau. Tak seperti jamaah lainnya, jubah yang dikenakan pria tersebut terbuat dari potongan kain yang terjahit, namun jahitan terlihat lawas yang dibuat dengan tangan.

Menurut Ali, pria itu tampak kusyuk berzikir dan berdoa menghadap ka’bah. Beralaskan sajadah berwarna hijau ditemani tasbih dan tongkat yang tergeletak, sesekali pria itu tersenyum membalas sapaan dari para pegawai di Masjidil Haram.

Postingan Ali yang ia unggah di akun fbnya kemudian menjadi viral di dunia maya. Pada kolom komentar, netizen ikut berkomentar mengenai sosok pria berjubah hijau.

Hal tersebut terlihat dari tingkah sang pria yang disegani. Selain itu, jubah yang terlihat seperti pakaian masa lampau ini pun memperkuat anggapan tersebut.

Di sisi lain, terdapat netizen yang menilai sosok tersebut adalah keturunan Bilal bin Rabah. Mengingat tasbih yang ia pakai berjumlah 1000 butir.

Ada yang menerka sosok tersebut adalah sosok Nabi Khidir, guru dari Nabi Musa yang tertera dalam surat Al Kahfi. Ada pula yang menerkanya sebagai seorang wali.

Nabi Khidir AS dianggap sebagai salah satu nabi dari empat nabi dalam kisah Islam dikenal sebagai ‘Sosok yang tetap Hidup’ atau ‘Abadi’.

Dilansir wikipedia, Al Khadir juga diartikan sebagai ‘Seseorang yang Hijau’, dalam situs Encyclopedia Britannica, Nabi Khidir AS memiliki nama Balya bin Malkan.

“Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak akan sanggup bersabar bersama-samaku.” (Surah Al-Kahfi : 67)

Hingga kini, belum ada yang mengetahui secara pasti siapakah sosok yang berjubah hijau itu. Setiap netizen memiliki prasangka sendiri-sendiri. [*/4LD]