Buka Lokakarya DCE, Sukarniaty: UMKM Tulang Punggung Perekonomian Indonesia

Buka Lokakarya DCE, Sukarniaty: UMKM Tulang Punggung Perekonomian Indonesia
Sukarniaty Kondolele Plt Kadiskop UKM Sulsel menghadiri Lokakarya Roadshow Digital Creative Entrepreneurs (DCE) 2.0 di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT-KUMKM) Sulawesi Selatan, Kamis (20/10/2022).

MAKASSAR—Dinas Koperasi dan UKM Sulsel bekerjasama dengan Telkomsel melaksanakan Lokakarya Roadshow Digital Creative Entrepreneurs (DCE) 2.0 di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT-KUMKM) Sulawesi Selatan, Kamis (20/10/2022).

Kepala Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Kadis dukcapil) Sulsel yang juga Plt Kadis Koperasi dan UKM Sulsel, Sukarniaty Kondolele mengatakan, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian sehingga begitu penting kehadirannya.

“Kata Pak menteri Koperasi bahwa UMKM adalah tulang punggung perekonomian nasional, jadi betapa pentingnya bapak ibu ada diindonesia, Kalau umkm terpuruk maka perekonomian indonesia juga terpuruk,” tuturnya.

Dikatakan, kegiatan ini sejalan dengan kebijakan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam mendorong UMKM menuju Go Digital.

“Hari ini kesempatan yang sangat baik, sekiranya tidak berakhir disni, mudah-mudahan ada sambungannya. Semua harus serba kekinian, Semua digitalisasi, semua UMKM bergaya kekinian,” sebutnya.

Langkah pemerintah pusat yang mengharuskan belanja APBN maupun APBD minimal 40 persen ke produk lokal merupakan peluang yang sangat besar.

Berita Lainnya

“Sejalan pemerintah pusat yang mengharuskan membelajakan apbd minimal 40 persen ke produk lokal, Ini merupakan kesempatan besar dan peluang kita. Tapi jangan dengan gaya jadul. Makanya hadirlah telkomsel menyentuh usaha dengan digitalisasi, jangan sampai yang 40 persen terbelanjakan ke produk luar, Makanya kesempatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya. Jangan maki jadi penonton di kampungta,” bebernya.

Hingga saat ini, lanjutnya, sudah ada sekitar 600 pelaku umkm yang tergabung di pemprov Sulsel.

Lihat Juga:  Plt Gubernur Perintahkan Dinsos & BPBD Sulsel Salurkan Bantuan Korban Banjir di Katimbang dan Manggala

“Kita harus jadi pelaku, Sentuh ki usaha ta dengan digitalisasi, sekarang sudah 600 yang tergabung di pemprov dari 1,5 juta UMKM di Sulsel. Jadi saya mengajak mitra telkomsel jangan tangung-tangung kalau sentuh umkm Sulsel,” tambahnya.

“Rata-rata pelaku umkm adalah anak muda, Permodalan tentu tidak bisa dihindari, tapi promosi melalui aplikasi harus dimaksimalkan karena lebih murah.Jangan cuma packegingnya saja tapi kontinuitas juga jalan, termasuk price harus jadi perhatian.” tutupnya.

Sementara itu, Vice President Area Account Management Telkomsel Samuel Pasaribu menjelaskan, Digital Creative Entrepreneurs (DCE) 2.0 merupakan program lanjutan Corporate Social Responsibility Telkomsel.

“Digital Creative Entrepreneurs (DCE) 2.0 merupakan program lanjutan Corporate Social Responsibility Telkomsel yang bertujuan untuk mengembangkan UMKM yang ada di Indonesia agar bisa lebih go digital serta dipersiapkan untuk memperkuat kreatifitas, kapabilitas dan kompetensi dari para pelaku UMKM di Indonesia.

Tahun ini merupakan tahun kedua program DCE dan ini menjadi dasar kami memberikan 2.0 sebagai tanda kelanjutan dari program DCE yang berlangsung sebelumnya. Makna 2.0 juga memiliki makna bagi UMKM untuk lebih Go Digital dan meningkat bisnisnya dengan bekal kurikulum-kurikulum yang didapatkan,” ucapnya.

Program DCE 2.0 membuka peluang melalui pemanfaatan ekosistem aset dan infrastruktur Telkomsel, seperti platform 99% Usahaku untuk menunjang pertumbuhan bisnis dan manajemen keuangan, MyAds sebagai solusi periklanan dan promosi digital UMKM.

Kuncie yang dapat mengembangkan keahlian bisnis melalui edukasi digital, MAXstream sebagai online venue untuk menghelat aktivitas, Kantor Telkomsel Area sebagai penghimpun UMKM calon peserta potensial serta Telkomsel Orbit solusi internet rumah serba digital.

Kemudian pada akhir program, DCE 2.0 akan menghadirkan sebuah pameran virtual yang juga sekaligus diadakan secara offline untuk mengangkat para UMKM binaan dan produk-produk unggulan mereka.

Lihat Juga:  Dukcapil Bersiap Hadirkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Sulsel

“Telkomsel akan terus membuka peluang dengan menghadirkan beragam inisiatif yang dapat mendukung sektor UMKM dalam melewati berbagai tantangan, sehingga dapat terus menjadi penggerak roda ekonomi bangsa di berbagai kondisi, melalui pemanfaatan teknologi terkini,” jelasnya.

“Kami harap DCE 2.0 dapat menjadi referensi akselerasi transformasi digital pada sektor UMKM di Indonesia, sekaligus menciptakan dampak nyata terhadap pemberdayaan UMKM dengan mencetak smart digitalpreneur yang cakap dan terampil dalam memanfaatkan perkembangan teknologi digital, melaju #BeyondCreativity dalam mengembangkan potensi bisnis mereka. UMKM bangkit, Indonesia maju!,” pungkas Samuel.

Kegiatan ini sendiri melanjutkan rangkaian pelaksanaan program Digital Creative Entrepreneurs, Telkomsel (DCE), Telkomsel menggelar Lokakarya Roadshow Digital Creative Entrepreneurs (DCE) 2.0 di Kota Makassar sebagai lokasi ke-empat penyelenggaraan setelah Batam, Batu dan Bandung.

Mengusung tema “Peningkatan Brand dan Digitalisasi Bisnis UMKM”, acara ini diikuti oleh lebih dari 50 peserta UMKM dan menghadirkan narasumber dari local heroes UMKM Kota Makassar, 99% Usahaku dan Telkomsel Orbit Representative, Content Creator dan Digital Marketing Consultant.

Diikuti oleh 50 UMKM yang terpilih dari Kota Makassar dan sekitarnya, Roadshow Lokakarya DCE 2.0 di Makassar ini merupakan rangkaian dari pengembangan kompetensi UMKM melalui beberapa materi pelatihan dan pengembangan digital yang diberikan oleh pemateri dan mentor ahli di bidang entrepreneurship digital.

Kegiatan ini sekaligus mengenalkan pentingnya penetrasi para pelaku UMKM dalam mengoptimalkan platform digital untuk menarik perhatian target market dengan menyajikan konten yang kreatif dan menarik. (*)

Berita terkait