Dinkes Sulsel kembali akan Datangkan 5 Unit Ambulace Laut
Dr dr Bahtiar Baso M.Kes, Plt Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sulsel. (dok)

MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Kesehatan Pemprov Sulsel kembali akan mendatangkan Ambulance Laut.

Hal ini disampaikan langsung oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sulsel, Bachtiar Baso saat ditemui di kantor gubernur Sulsel Jl. Urip Sumoharjo Makassar, beberapa hari lalu.

Dia mangaku Ambulance laut yang akan datang nantinya berjumlah 5 unit yang terbagi menjadi dua jenis ambulance. 1 ambulance laut besar dan 4 ambulance laut kecil.

Kelima ambulance tersebut akan operasionalkan ke wilayah wilayah kepulauan seperti, Kepulauan Selayar, Makassar, Sinjai, Lutim, dan Pangkep dengan status pinjam pakai

Khusus Kepulauan Selayar, akan menerima ambulance laut yang besar.

“5 unit 4 kecil 1 besar akan ke Selayar. Untuk yang Kecil kita serahkan nanti ke Makassar, Sinjai, Lutim matano Pangkep. Operasional ke daerah akan di pinjam pakaikan.” kata dia.

Bachtiar mengaku ambulance tersebut baru bisa di hibahkan ke daerah tersebut jika pemeliharaan selama setahun dianggap layak. Namun jika tidak pemprov akan menarik kembali ambulance tersebut.

“Kita lihat dulu, apakah daerah tersebut layak, bagaimana perawatan nya, Satu tahun nanti baru di hibahkan,” imbunya.

Anggaran Pengadaan Ambulance laut tersebut cukup fantastis. Bachtiar menyebut 1 unit ambulance laut yang kecil seharga Rp1,1 miliar sementara untuk ambulance yang besar seharga Rp1,8 miliar, itupun diluar alat kesehatan (Alkes).

Khusus anggaran pengandaan Alat kesehatan, 1 unit ambulance laut yang kecil kata Bachtiar Rp1,3 miliar, sementara untuk alkes ambulance laut besar sebesar Rp2,1 miliar

“Samaji yang tahun lalu, yang kecil itu Rp1,1 m, sementara yang besar Rp1,8 M. Itu Diluar alkes. Khusus alkesnya Besar Rp2,1 M. Kecil Rp1,3 M,” jelasnya. (*)