Dompet Dhuafa dan UIN Alauddin Makassar Jalin Kerjasama Sosial
Dompet Dhuafa Sulsel dan UIN Alauddin Makassar melakukan tanda tangan kerjasama penghimpunan donasi, penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Kolaborasi ini dilakukan pada Senin (28/06/2021) bertempat di aula kantor Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Alauddin Makasar, Jl. Samata Gowa.

MAKASSAR—Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan selaku lembaga filantropi muslim terus menunjukan komitmen untuk melayani dan memberdayakan para asnaf yang tergabung dalam 5 pilar program melalui dana Ziswaf.

Salah satunya dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan serta kualitas sumber daya, Dompet Dhuafa bersinergi melakukan Perjanjian Kerja Sama dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Alauddin Makassar.

Kolaborasi ini dilakukan pada Senin (28/06/2021) bertempat di aula kantor Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Alauddin Makasar, Jl. Samata Gowa.

Dompet Dhuafa Sulsel dan UIN Alauddin Makassar melakukan tanda tangan kerjasama penghimpunan donasi, penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

Acara penandatanganan ini dihadiri oleh dekan fakultas, ketua jurusan, dosen, serta staf akademik Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Dompet Dhuafa.

Perjanjian kerjasama ini dimaksudkan sebagai gerakan bantu bersama untuk mengoptimalkan sumberdaya dalam berbagai bidang yaitu bidang Penghimpunan Donasi, Pelaksanaan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat sebagai proses belajar mengajar dan pelayanan kesehatan.

Melalui sinergi kolaborasi FKIK UIN Alauddin, Dompet Dhuafa Sulsel menjangkau lebih banyak penerima manfaat untuk Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alaudin Makassar.

Dompet Dhuafa dan UIN Alauddin Makassar Jalin Kerjasama Sosial
Dompet Dhuafa Sulsel dan UIN Alauddin Makassar melakukan tanda tangan kerjasama penghimpunan donasi, penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Kolaborasi ini dilakukan pada Senin (28/06/2021) bertempat di aula kantor Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Alauddin Makasar, Jl. Samata Gowa.

Selain itu, Dompet Dhuafa juga mengajak para civitas akademika untuk ikut membantu sesama dalam program kemanusiaan pada bidang kesehatan melalui aksi layanan sehat.

Sebagai lembaga kemanusiaan yang berkhidmat pada pelayanan, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat. Dompet Dhuafa turut serta mengajak mahasiswa untuk terlibat dalam magang dibidang pendidikan, bidang kesehatan, dan pengabdian masyarakat meliputi program penelitian dasar, program penelitian terapan dan penerapan hasil-hasil penelitian.

Syatirah Jalaluddin selaku dekan Fakultas Ilmu Kedokteran dan Ilmu Kesehan UIN Alauddin menyambut baik kerjasama ini dan berharap DD Sulsel dan FKIN UINAM dapat bersinergi mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya yang dimiliki secara terencana, terpadu, sistematis, efektif dan efisien, guna peningkatan mutu program kemanusiaan pada bidang kesehatan di Dompet Dhuafa Cabang Sulawesi Selatan.

“Melalui sinergi ini kami (FKIK UIN Alauddin) dapat banyak menolong orang. Kedepannya semoga kerjasamanya tidak hanya dalam bentuk penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat. Melihat dari segi SDM, FKIK memiliki mahasiswa penuh energik yang butuh aktualisasi diri. Selain itu, melalui pengoptimalan SDM kita dapat menghimpun dana yang dapat membantu sesama. Sehingga kedepannya kita dapat memberi dampak yang lebih besar,” ucapnya.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sulsel Rahmat Hidaya HM berharap dapat meningkatkan penghimpunan dana dan memperluas manfaat zakat pada sesama melalui pengoptimalan SDM.

“Sebagai lembaga zakat, Dompet Dhuafa memiliki gagasan untuk mengangkat harkat dan martabat umat muslim melalui pemberdayaan dan pendayagunaan ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf). Memperluas manfaat kita sebagai individu dan kelompok dalam pengelolaan, penghimpunan melalui sumber daya yang dimiliki,” kata Rahmat dalam keterangan persnya.

Dalam kerjasama ini, Dompet Dhuafa memperkenalkan platform Salingtolong.org yaitu sebuah kanal donasi online milik Dompet Dhuafa sulsel untuk memudahkan para civitas akademika dan para dosen UIN Alauddin dalam berdonasi. Kanal donasi ini dapat diakses secara realtime melalui website www.salingtolong.org. Penggunaan platform ini bertujuan agar penghimpunan menjadi lebih mudah, cepat dan transparan. (*)