Beranda ยป Pendidikan ยป Dosen FKM Unhas Mantapkan Proposal Penelitian Tingkat Fakultas
Pendidikan

Dosen FKM Unhas Mantapkan Proposal Penelitian Tingkat Fakultas

MAKASSAR – Unit Penelitian, Pengabdian dan Jurnal Internasional (UP2JI) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas, memfasilitasi dosen-dosen FKM Unhas untuk memantapkan proposal penelitiannya melalui presentasi tingkat Fakultas, yang digelar 20 dan 21 Februari 2018, di Kandow meeting room FKM Unhas.

Menurut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, PhD, sebelum pelaksanaan presentasi tersebut, terlebih dahulu telah dilakukan seminar dan pertemuan di masing masing departement, yang selanjutnya masing-masing depertemen mengirimkan daftar nama nama peneliti dan judul penelitiannya ke UP2JI.

Peserta presentasi tingkat fakultas tersebut, lanjut Prof. Sukri merupakan representasi dari 8 departement yang ada di FKM Unhas yang meliptui Kesehatan Lingkungan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Gizi, Management Administrasi Rumah Sakit, Biostatistik dan Kependudukan Keluarga Berencana, Epidemiologi, Administrasi Kebijakan Kesehatan dan Promosi Kesehatan, dengan jumlah proposal sebanyak 45.

Seluruh proposal tersebut mengusung 2 topik utama sesuai dengan tema unggulan penelitian FKM,
yaitu Bio social cultural determinant of health dan Health policy, care system and quality.

Setiap tim peneliti diberikan kesempatan oleh fasilitator, Dr. Agus Bintara Birawida dan Dr. Healty, untuk presentasi 5-7 slides dengan alokasi waktu 15 menit. Setelah itu mereka akan mendapatkan feedback saran dari reviewer Prof Veny Hadju, Prof Alimin Maidin, Dr. Stang, Anwar Mallongi, Ph.D dan Yahya Thamrin, Ph.D.

Menurut Ketua UP2JI FKM Unhas, Yahya Thamrin, SKM, M.Kes, MOHS, PhD, kegiatan tersebut sangat bermanfaat karena berkontribusi dalam pencapaian visi Unhas menjadi research university bertaraf Internasional.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi para dosen untuk meneliti. Hal ini akan berimplikasi terhadap jumlah outcomes penelitian seperti publikasi artikel yang terindeks Scopus, proceeding conference, model intervensi, paten, dan buku ajar meningkat pula. Sehingga visi Unhas untuk menjadi research university yang bertaraf internasional dapat terwujud,” terang Yahya.

Kegiatan ini ditutup oleh Dekan FKM Unhas, Prof. Dr. Andi Zulkifli, M.Kes. yang dalam sambutan penutupannya berharap di tahun ini jumlah proposal dari FKM yang mendapatkan dana penelitian dari Unhas, semakin bertambah. (*/464ys)