Muhammad Isran Ramli, ST, MT., terpilih kembali untuk mengemban amanah sebagai Ketua Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (FSTPT) se-Indonesia untuk Periode 2020-2022.

MAKASSAR – Pakar Transportasi Universitas Hasanuddin (Unhas), yang juga merupakan dosen Teknik Sipil Unhas, Dr.Eng. Ir. Muhammad Isran Ramli, ST, MT., terpilih kembali untuk mengemban amanah sebagai Ketua Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (FSTPT) se-Indonesia untuk Periode 2020-2022.

Hal itu disampaikan langsung Akademisi Unhas yang sebelumnya telah mengemban amanah sebagai Ketua FSTPT Periode 2018-2020, melalui pesan WhatsApp, Senin (26/10).

Kepala Laboratorium Riset Rekayasa Sistem Transportasi, Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin tersebut terpilih secara Aklamasi oleh Anggota FSTPT pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) FSTPT 2020.

RAT FSTPT 2020 ini dihadiri oleh 96 anggota FSTPT yang dilakukan secara Virtual via Room Zoom Virtual yang dilaksanakan pada Jumat malam, 23 Oktober 2020 oleh Tuan Rumah Simposium XXIII FSTPT yaitu Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Lampung.

Pada sesi persidangan Pemilihan Ketua FSTPT dipimpin oleh 3 (tiga) orang Pimpinan Sidang, yaitu Prof Dr. Ir. Agus Taufik Mulyono, MT, IPU, AseanEng. (UGM), Prof Ir. Erika Buchari, Msc, Ph.D (Unsri) & Ir. Tri Tjahyono, M.Sc., Ph.D (UI).

Pada Tahap Penjaringan Calon Ketua, terjaring 8 (Delapan) Calon yaitu Dr.Eng. M. Isran Ramli (Unhas), Dr. Rahayu Sulistyorini (ITERA), Andyka Kusuma, Ph.D (UI), Dr. Ervina Ahyudanari (ITS), Dr. Yossafra (UNAND), Dr. Bagus Hario Setiadji (UNDIP), Dr. Tiopan Gultom (UNMUL) serta Prof. Ludfi Djakfar (UNIBRAW).

Namun setelah dilakukan verifikasi kesediaan para calon terjaring, ketujuh calon lainnya yang terjaring menyampaikan kepada Pimpinan Sidang RAT FSTPT atas ketidaksediaannya dan menyatakan mendukung sepenuhnya Dr.Eng. Ir. Muh Isran Ramli untuk kembali menjadi Ketua FSTPT untuk Periode 2020-2022.

Dengan kondisi tersebut, Pimpinan Sidang RAT menetapkan secara aklamasi Dosen Teknik Sipil Unhas tersebut menjadi Ketua Dewan Pengurus FSTPT Periode 2020-2022.

Pada sesi Persidangan sebelumnya, Dr.Eng. Isran Ramli menyampaikan laporan pertaggungjawaban pengurus FSTPT Periode 2018-2020.

“Semua anggota FSTPT yang hadir pada RAT FSTPT 2020 menyatakan menerima laporan pertanggungjawaban yang disampaikan,” ujar Isran Ramli.

Diketahui, FSTPT adalah suatu organisasi kumpulan peneliti/pakar transportasi antar perguruan tinggi se-Indonesia, dimana keanggotaannya adalah secara Institusi/Unit terkait transportasi dari suatu Perguruan Tinggi di Indonesia.

Tercatat dalam memasuki usianya yang ke-23, FSTPT telah beranggotan 147 anggota institusi dari berbagai PT se-Indonesia. Hingga saat ini FSTPT telah dipimpin oleh 7 orang Ketua, dimana Dr.Eng. Ir. M. Isran Ramli adalah Ketua FSTPT yang kedelapan yang mengetuai FSTPT sejak Tahun 2018.

Ketujuh Ketua FSTPT sebelumnya adalah masing-masing: Prof. Ofyar Z Tamin dari ITB (Periode 1998-2002), Prof. Danang Parikesit dari UGM (Periode 2002-2006), Tri Tjahyono, PhD dari UI (Periode 2006-2008), Prof. Agus Taufik Mulyono dari UGM (Periode 2008-2012), Dr. Sony Sulaksono Wibowo dari ITB (Periode 2012-2014), Prof. Erika Buchari dari UNSRI (Periode 2014-2016), dan Prof Leksmono Suryo Putranto dari UNTAR (Periode 2016-2018).

Menurut Isran Ramli, FSTPT setiap tahunnya menyelenggarakan Simposium secara nasional dan Simposium Internasional setiap 2 tahun. Di samping itu, FSTPT juga menerbitkan Jurnal Transportasi dan buku ajar yang terkait bidang ilmu transportasi.

“FSTPT juga rutin menyelenggarakan worskshop, FGD, Lokakarya dan webinar untuk berbagai tema-tema transportasi,” pungkas Isran. (*/70n)