Beranda » Sulsel » Fun bike Jelajah Geopark Maros-Pangkep, Ditargetkan Diikuti 2500 Peserta
Fun bike Jelajah Geopark Maros-Pangkep, Ditargetkan Diikuti 2500 Peserta
Syamsuniar Malik, Kepala Bidang Promosi Dinas Kebudayaan dan Kepariwasataan Sulsel. (Foto: Dok)
Sulsel

Fun bike Jelajah Geopark Maros-Pangkep, Ditargetkan Diikuti 2500 Peserta

MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel, bekerja sama dengan pemerintah kabupaten Maros dan Pangkep akan melaksanakan kegiatan Jelajah Geopark Maros-Pangkep.

Kepala Bidang Promosi Dinas Kebudayaan dan Kepariwasataan Sulsel, Syamsuniar Malik mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari mulai, tanggal 29-30 Juni mendatang dengan berbagai event didalamnya.

“Jelajah Geopark Maros-Pangkep akan diisi berbagai kegiatan seperti fun camping, fun bike,band performance dan games serta kegiatan lainnya,” ungkap Syamsuniar saat ditemui Media dikantornya (14/6/2019).

“Kegiatan yang paling menarik adalah olahraga bersepeda atau funbike sejauh 40 kilo meter yang melewati 5 Geosite Utama yakni Tonasapark, Rammang-Rammang, Leang-Leang,Hutan Batu Balocci, dan Sumpang Bita,” terangnya.

Sejauh ini, kata Syamsinar, sudah ada sekitar 500 pendaftar dari berbagai daerah di Indonesia termasuk dari Papua dan Padang.

“Target 2.500 peserta funbike optimis bisa terpenuhi, apa lagi bisa dilakukan Registrasi Online maupun langsung mendaftar ke Dinas Pariwisata Provinsi maupun Kabupaten Maros dan Pangkep,” tutupnya.

Sebagai informasi Geopark adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi terkemuka. Termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya. Sehingga semua pihak diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam.

Kars Maros-Pangkep termasuk salah satu kars kelas dunia yang memiliki keindahan, keunikan, flora dan fauna, nilai nilai ilmiah dan sosial budaya yang tinggi, dan merupakan kawasan kars terbesar ke 2 di dunia setelah China Selatan.

Saat ini di Indonesia terdapat 4 Global Geoparks dan 15 Geopark Nasional. Geopark Maros-Pangkep dikukuhkan sebagai Geopark Nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia pada 24 November 2017. dan Geopark Maros Pangkep dijadikan sebagai Geopark Nasional. (UDN)