Beranda » Bola » Galakarya akan Kembali Digelar
Galakarya akan Kembali Digelar
Bola

Galakarya akan Kembali Digelar

MAKASSAR – Kompetisi sepakbola antar perusahaan yang diberi nama Galakarya rencananya akan kembali dihelat di Indonesia dari bulan Juli hingga Sepember 2019 ini.

Pertandingan akan dilaksanakan dalam 3 babak mulai dari babak kualifikasi Provinsi yang dilaksanakan di 31 Provinsi se Indonesia, 22 Juni hingga 10 Agustus 2019.

Kemudian babak regional yang terbagi menjadi 8 grup dengan diikuti oleh 31 Tim Juara Provinsi, 18-23 Agustus 2019, lalu babak 8 Besar hingga Final yang dilaksankan 3-9 September di Jakarta.

Sedangkan untuk babak kualifikasi Provinsi Sulawesi Selatan, menurut ketua panitia Sulsel, Akmal Asnawi, rencananya akan diikuti 16 kesebelasan bertempat di lapangan Telkom 13 Juli – 6 Agustus 2019. Juara pertama akan mewakili Sulsel masuk babak Regional, Gruf F bersama Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat.

“Juara pertama Sulsel nantinya akan bertemu Sutra dan Sulbar di Babak Regional Grup F yang akan di gelar 18 hingga 23 Agustus di Makassar, kemudian juara pertamanya akan mewakili Grup F untuk masuk babak 8 besar di Jakarta,” terang Akmal kepada Mediasulsel.com, Kamis (20/6/2019) malam.

Akmal memaparkan, Galakarya awalnya dilaksanakan di Jakarta pada tahun 1976 yang diinisiasi Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin dan diberi nama Persatuan Sepak Bola antar Perusahaan Jakarta (Persapja), yang kemudian Galakarya bergulir dari tahun 1981 hingga 1990.

Galakarya akan Kembali Digelar

Tim-tom Perusahaan yang ikut serta dalam Galakarya kala itu, lanjut Akmal, antara lain PLN, Pertamina, PDAM, Bea Cukai, Bank BNI 1946, Bank Indonesia, Dolog Jatim dan Bank Bumi Daya.

Lebih lanjut Akmal menjelaskan, setelah vakum selama 29 tahun, pada 20 Februari 2019, berdirilah Yayasan Gala Karya Indonesia selaku operator liga sepak bola Galakarya di Jakarta, yang kemudian menginisiasi digelarnya kembali Galakarya di tahun 2019 ini.

Untuk mengikuti Liga sepak Bola antar perusahaan ini, lanjut Akmal, pemain harus tercatat sebagai karyawan pada perusahaan tersebut baik karyawan permanen, kontrak atau honorer.

Pemain minimal berusia 20 tahun dan terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, serta bukan merupakan pemain liga Indonesia, namun diperbolehkan untuk mereka yang statusnya mantan pemain nasional.

Sementara dokumen yang harus dilengkapi diantaranya Formulir Pendaftaran, Formulir data diri individual baik ofisial maupun pemain, foto copy KTP, Kartu Pegawai, Slip Gaji Kartu BPJS Ketenagakerjaan, surat keterangan dari perusahaan serta surat keterangan berbadan sehat dari dokter.

Khusus untuk babak kualifikasi Sulawesi Selatan, masa pendaftaran akan ditutup pada 4 Juli 2019, dengan tempat pendaftaran di sekretariat panitia di kantor PT. Persada, Jl. Urip Sumoharjo KTC 82 Makassar, biaya pendaftaran Rp5 juta, sudah termasuk Jaminan dan aboard brand perusahaan.

Galakarya akan Kembali Digelar

“Kita buka pendaftaran hingga tanggal 4 Juli 2019, namun karena hanya dibatasi 16 Tim, maka jika sebelum 4 Juli telah terdaftar 16 tim, maka masa pendaftaran juga akan ditutup”

“Setiap Tim pendaftar diwajibkan membayar konstribusi sebesar Rp5 juta, yang merupakan biaya pendaftaran, jaminan asuransi dan aboard brand perusahaan,” pungkas Akmal. (464Ys)