Gobiz Gandeng PLUT Sulsel Fasilitasi UMKM Ke Ekosistem Digital
Ratusan UMKM mengikuti pelatihan online bersama Gobiz dan PLUT Sulawesi Selatan, Jumat, 11 Juni 2021. Gobiz adalah layanan yang diperuntukkan membantu para mitra UMKM di ekosistem GoFood dalam mengembangkan usahanya.

MAKASSAR—Ratusan UMKM mengikuti pelatihan online bersama Gobiz dan PLUT Sulawesi Selatan, Jumat, 11 Juni 2021. Gobiz adalah layanan yang diperuntukkan membantu para mitra UMKM di ekosistem GoFood dalam mengembangkan usahanya.

Kegiatan untuk memandu UMKM mengakses gofood dan gopay ini dibuka koord.konsultan PLUT Sulsel, Bahrul ulum. Adapun narasumber utama adalah Gideon Setywan selaku product marketing gobiz.

Koordinator konsultan PLUT Sulsel mengapresiasi kegiatan yang memfasilitasi UMKM ke ekosistem digital. Dikatakannya, UMKM untuk naik kelas ditempuh dengan pendekatan 3Go yaitu go modern, go digital dan go global.

“Dibalik bencana pandemi membawa berkah memaksa UMKM go digital. Buktinya, target pemerintah sebelumnya UMKM go digital tahun 2020 mencapai 10 juta melampaui hingga mencapai 12 juta. Bahkan per Mei 2021, UMKM yang go digital sudah mencapai 13,7 juta jiwa,” tambahnya.

Diapun berharap dengan kolaborasi gobiz dapat membantu mengembangkan UMKM di Sulsel memiliki produk unggulan dengan nilai tambah lebih tinggi dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Adapun Gideon menyebut, pandemi menyebabkan aktivitas masyarakat dilakukan dengan cara yang tidak sama lagi dengan adanya pembatasan-pembatasan. Ini menjadi momentum digitalisasi UMKM.

Penjualan produk makanan yang dilakukan secara online selama pandemi mengalami kenaikan sebesar 300 persen, sehingga UMKM harus berbenah, katanya. (*)