Advertisement - Scroll ke atas
  • Pemkot Makassar
  • Pemkot Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
BolaOlahraga

Indonesia Unggul 2-1 Kontra Thailand di Leg Pertama Final AFF 2016

300
×

Indonesia Unggul 2-1 Kontra Thailand di Leg Pertama Final AFF 2016

Sebarkan artikel ini
  • Pemprov Sulsel
  • PDAM Kota Makassar
  • Banner DPRD Makassar

MEDIASULSEL.com – Hasil laga Final Piala AFF 2016 di Leg pertama Indonesia vs Thailand, skor akhir 2-1 untuk Indonesia, di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu malam (14/12/2016). Hasil akhir tersebut menjadi modal berharga dalam lawatan ke Rajamangala Stadium, Bangkok, di partai leg kedua, Sabtu 17 Desember 2016.

Menuju kick-off partai leg pertama final AFF Suzuki Cup 2016, kedua kesebelasan sudah memasuki lapangan sekitar 30.00 suporter Indonesia memadati Stadion Pakansari. Lagu kebangsaan kedua tim bakal diperdengarkan bergantian.

Advertisement
Scroll untuk melanjutkan

Pada 5 menit pertama, bola masih lebih banyak berkutat di area tengah, dengan kedua tim berusaha mencari celah dipertahanan lawan. Serangan dari Thailand. umpan silang mengarah ke kotak penalti Indonesia untuk ditanduk Fachruddin Aryanto. Si kulit bundar kemudian disambut Tristan Do yang melepaskan tembakan spekulasi tapi arah bola jauh melebar ke gawang Thailand.

Rizky Pora nyaris membuat kesalahan yang berakibat fatal. Beruntung, tendangan Chanathip Songkrasin masih sedikit melebar dari gawang Kurnia Meiga. Indonesia lalu membalas serangan lewat penetrasi Andik. Namun, tidak ada yang menyambut bola kirimannya dari sisi kiri.

Di menit ke-11 skor masih imbang 0-0. Terlihat, Andik terlihat mendapatkan perawatan di lapangan saat berebut bola dengan pemain Thailand. Menit ke-14 sepak pojok buat Thailand, tembakan Theerathon Bunmathan bisa disapu Benny Wahyudi.

Kemudian Tim Thailand menekan di lini belakang Indonesia, kali ini tampak kurang siap mengantisipasi. Namun, bola sepakan Sarawut mengarah ke gawang masih melambung ke gawang Kurnia Meiga. Stefano Lilipaly memperlihatkan aksi ball keep apik saat dikepung pemain lawan. Tapi kemudian tendangan spekulasinya masih tidak mengarah ke target.

Lihat Juga:  HP Baru Kena Pajak, Ditjen Pajak: Ini Tidak Wajib

Timnas Indonesia melancarkan serangan di menit ke-24. Bola akhirnya dikuasai Lilipaly yang lantas menendangnya dari luar kotak penalti. Tapi sayang, arah bola cuma mengenai pemain Thailand kemudian menuju pemain Indonesia yang sudah offside.

Di laga menit ke-33, Thailand memimpin 1-0 berkat gol tandukan Dangda di depan gawang, menyambut umpan silang Theerathon Bunmathan dari sisi kiri lapangan, membuat bola dengan mulus bersarang di pojok gawang Kurnia Meiga. Gol tersebut, Teerasil Dangda sudah mencetak 6 gol, terbanyak sejauh ini di AFF Suzuki Cup 2016.

Memasuki menit-menit terakhir waktu normal di babak pertama. Indonesia sementara ketinggalan 0-1 dari tamunya, Thailand. Pertandingan babak pertama di Stadion Pakansari berakhir. Untuk sementara Indonesia ketinggalan 0-1 dari Thailand lewat gol Teerasil Dangda di menit ke-33.

Di Babak kedua pertandingan di Stadion Pakansari dimulai. Thailand mengawali babak kedua dengan aksi solo run Pokklaw A-Nan. Ia melakukan penetrasi di kanan, tak bisa ditahan para pemain bertahan Indonesia, sampai akhirnya Kurnia Meiga sukses mencongkel bola dari kedua kaki pemain Thailand tersebut.

Sejauh ini, skor masih 1-0 buat keunggulan Thailand atas Indonesia di menit ke-10 menit. Rizky Pora mengirim umpan lambung ke depan menuju Boaz di menit ke-61, namun yang dituju dinyatakan offside oleh wasit–tipis sekali.

Tim Garuda melakukan serangan balik cepat di menit ke-64, dengan bola menuju Boaz jauh di depan. Dengan apik ia mengendalikan bola untuk kemudian mengirim umpan silang. Bola bisa diantisipasi kiper Kawin lalu disapu rekannya.

Indonesia mampu menyamakan kedudukan dengan skor 1-1. Rizky Pora mengecoh satu pemain Thailand lalu menyepak bola dari luar kotak penalti. Si kulit bundar mengenai Tristan Do lalu berbelok arah masuk ke gawang Thailand di menit ke-66. Kiper Kawin tak bereaksi.

Lihat Juga:  Samsung Galaxy S8 Resmi Diluncurkan Hari Ini

Di menit ke-70, Hansamu Yama sukses menanduk bola di depan gawang Thailand untuk mencetak gol, Indonesia berbalik mengubah kedududkan skor unggul 2-1 atas Thailand. Indonesia melakukan pergantian pemain dengan Lerby Eliandry menggantikan Beny Wahyudi, kemudian dimenit selanjutnya pergantian pemain terakhir dengan Ferdinan Sinaga menggantikan Boaz.

Memasuki 10 menit terakhir waktu pertandingan di waktu normal. Indonesia unggul 2-1 atas Thailand. Lini belakang Indonesia sedikit dilanda kepanikan memasuki lima menit akhir waktu normal, dengan Fachruddin Aryanto dan Hansamu Yama harus susah-payah menyapu bola dari areanya.

Kiper Kawin membuat dua penyelamatan di bawah mistar gawangnya, pertama dari Ferdinan dan kedua Lerby. Memasuki empat menit injury time. Indonesia unggul 2-1 atas Thailand. Peluit akhir dibunyikan wasit. Indonesia menang 2-1 atas Thailand setelah tertinggal lebih dulu.

Teerasil Dangda membuat tim tamu Thailand memimpin 1-0 di babak pertama. Di babak kedua, dalam rentang waktu sekitar enam menit saja, Indonesia mencetak dua gol balasan lewat Rizky Pora dan Hansamu Yama untuk berbalik menang 2-1. (*)

error: Content is protected !!