Beranda » News » Juri Master Chef Inggris Dikecam, Gara-gara Rendang Crispy
News

Juri Master Chef Inggris Dikecam, Gara-gara Rendang Crispy

VIRAL – Komentar mengenai Rendang yang muncul di sebuah acara kompetisi memasak di Inggris, ternyata memicu perdebatan apakah rendang ayam harus renyah dan asal makan ini.

Juri MasterChef UK, John Torrode dan Gregg Wallace, mengomentari rendang ayam yang disajikan Zaleha Kadir Olpin, peserta kelahiran Malaysia. Mereka mengatakan kulit ayam rendang Zaleha kurang renyah. Komentar para juri ini memicu perdebatan di Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei.

“Mengatakan rendang ayam harus renyah itu sama seperti mengatakan daging hamburger harusnya direbus,” kata KF Seetoh, pendiri Makanstura dan ahli jajanan Asia di Singapura.

Torode dan Wallace membela komentar mereka. Kata mereka ‘garing’ bukan kata yang tepat untuk menggambarkan rendang. Rendang biasanya daging ayam dan daging sapi yang dimasak lama dengan bumbu-bumbu dan santan.

“Maksud saya, rendangnya tidak dimasak matang. Masakannya berwarna pucat dan lembek,” kata Wallace kepada Good Morning Britain. “Dia (Zaleha Kadir Olpin) bukan tereliminasi karena kulit ayam rendang tidak renyah. Dia tidak lolos karena peserta lain memasak lebih baik.”

Haikal Johari, 41 tahun, executive chef di Alma oleh Juan Amador, restoran dengan 3 bintang Michelin di Singapura mengatakan dia belum pernah mendengar rendang ayam renyah.

Tapi Torode membuat marah warga Malaysia dengan mengatakan di Twitter bahwa rendang ayam berasal dari Indonesia. Dia kemudian menghapus cuitan itu, dan mengakhiri pesan dengan mengucapkan “namaste,” ucapan selamat dalam bahasa India.

Tapi pertanyaan yang masih belum terjawab adalah rendang berasal dari negara mana. Indonesia sudah mengklaim sebagai asal masakan rendang. Beberapa pihak mengatakan versi rendang pertama kali dimasak di Padang, Sumatra Barat, sekitar 600 tahun lalu.

Haikal dari Alma punya versi lain.

“Rendang dimasak oleh berbagai orang, termasuk orang Singapura, Malaysia, Indonesia. Dan bahkan di Thailand, ada makanan sejenis bernama Massaman yang rasanya mirip rendang ayam,” kata dia. [voa/4ld]