Kadis PMD akan Hadirkan Desa Andalan di Maros dan Bulukumba, Dilaunching Tahun Ini

Kadis PMD akan Hadirkan Desa Andalan di Maros dan Bulukumba, Dilaunching Tahun Ini
Kepala Dinas PMD Sulsel, Muhammad Saleh membuka kegiatan Orientasi Pengembangan Desa tingkat Provinsi Sulsel melalui program Fasilitasi Percepatan pembangunan Perdesaan dan Program Desa Andalan, di Hotel Remcy Makassar, Senin (4/7/2022).

MAKASSAR—Pemprov Sulsel melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi sulsel terus memaksimalkan hadirnya desa andalan yang akan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Kepala Dinas PMD Sulsel, Muhammad Saleh terus melakukan persiapan dengan membangun desa percontohan sebagai desa andalan sehingga menjadi pilot project untuk daerah lainnya.

“Kita ingin membangun desa percontohan sebagai desa andalan yang berkontribusi pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) pedesaan dan menghidupkan badan usaha milik desa (Bumdes) untuk sarana ekonomi desa dan nantinya bisa menjadi replika bagi desa lainnya,” ujarnya.

Hal itu diungkapkan Kadis PMD Sulsel, saat di temui usai membuka kegiatan Orientasi Pengembangan Desa tingkat Provinsi Sulsel melalui program Fasilitasi Percepatan pembangunan Perdesaan dan Program Desa Andalan, di Hotel Remcy, Senin (4/7/2022).

Ia menyebutkan untuk tahun ini, ada dua desa yaitu Desa Salenrang di Kabupaten Maros, Desa Ara di Bulukumba.

“Jadi kita mulai pilot project bisa di replikasi desa lainnya, tahun ini sudah mulai dan terus dipersiapkan yaitu desa Salenrang di kabupaten maros untuk pengembangan desa rammang-rammang, desa ara pengembangan eko wisata dan perahu wisata dan desa Padalarang di ara Bulukumba,” sebutnya.

Berita Lainnya

Muhammad Saleh juga mengaku Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah memberi bantuan keuangan ke daerah tersebut

“Pemprov Sulsel hadir disana diantaranya dengan memberi batuan keuangan, dan ini titik awal ke desa lain. Insya Allah dua titik ini setelah selesai pembangunannya akan segera di launching,” jelasnya.

Lihat Juga:  Beginilah Srikandi Polres Maros Merayakan HUT Polwan ke-68

“Rencananya m, pak Gubernur Sulsel akan hadir dan launching desa Andalan Ramang-ramang ini rencananya bulan desember ini,” sambungnya.

Lebih jauh ia menuturkan, kegiatan yang dilakukan ini merupakan tindak lanjut Perda No 9 tahun 2019 tentang program percepatan pembanguan desa dan ditindak lanjuti dengan Pergub Sulsel Nomor 7 Tahun 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Program dan Pembiayaan Percepatan Pembangunan Perdesaan.

“Dalam program kegiatan ini, memberikan program utama pertama peningkatan indeks desa membangun kita bagaimana meningkatkan idn desa sehingga tidak ada lagi desa tertinggal dan sangat tertinggal di Sulsel,” pungkasnya. (*)

Berita terkait