MAKASSAR – Forum Keserasian Sosial Lingkar Utama melaksanakan dialog tematik sekaligus meresmikan tugu keserasian sosial”Lingkar Utama” di Kelurahan Biring Romang Kec. Manggala Kota Makassar, Sabtu 19 Desember 2020.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Staf Kementrian Sosial, Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Perwakilan Camat Manggala, Lurah Biring Romang serta sejumlah tamu undangan.

Ketua Forum Keserasian Sosial Lingkar Utama, Moh. Ervinlaha dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada Kementrian Sosial dan Dinas Sosial atas bantuan pembanguan jalan diwilayahnya dan terpilihnya Kel. Biring Romang sebagai lokasi pembangunan Tugu Keserasian Sosial.

“Saya berharap dengan adanya tugu dan forum keserasian sosial didaerah kita ini bisa menjadi wadah dan solusi dalam meredam serta meminimalisir konflik yang terjadi di masyarakat.” ungkap Ervinlaha.

Sofiawati yang mewakili Camat manggala menyampaikan syukur dan berterima kasih kepada Kementerian Sosial RI atas kucuran dana bantuan untuk keserasian sosial, Ia juga berharap,dengan adanya program ini kita dapat tetap gotong royong untuk mencegah konflik sosial di Masyarakat.

”Semoga ini bisa menjadi pengingat agar seluruh masyarakat selalu menjaga keserasian sosial menjaga keamanan dan ketertiban di Kel. Biring Romang,” ucap Sofiawati.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Makassar, DR.H.Mukhtar Tahir, M.Pd menyampaikan, bahwa kegiatan forum keserasian sosial ini merupakan program dari Kementerian Sosial dengan tujuan untuk mewujudkan Keserasian Sosial di Masyarakat. Tugu Keserasian Sosial ini merupakan tonggak untuk meningkatkan kerukunan dalam bingkai persatuan dan kesatuan.

“Kita patut bersyukur, Kementrian Sosial memilih Kelurahan Biring Romang sebagai salah satu wilayah yang dibangun Tugu Keserasian Sosial, karena di Kota Makassar hanya ada 2 kelurahan yang terpilih dibangun Tugu Keserasian Sosial, salah satunya di Kel. Biring Romang ini. Monumen keserasian sosial ini sebagai pertanda bahwa kelurahan Biring Romang sudah mendapatkan Penyuluhan terkait pencegahan konflik sosial dimasyarakat,” Ungkap Kadinsos Makassar.

Selain itu ia juga mengungkapkan bahwa Tugu ini juga menjadi pengingat untuk selalu menjaga Keserasian Sosial dimasyarakat, mencegah konflik sosial, selalu menjaga keamanan, ketertiban, gotong royong serta saling membatu antar sesama apalagi dimasa Pandemi seperti sekarang.

“Saya berharap di masa pandemi dan musim hujan ini kita bisa saling membantu antar sesama, Dinas Sosial Makassar juga bersiap guna membantu masyarakat yang terkena dampak banjir, atau bencana alam lainnya,” Tutup DR.H.Mukhtar Tahir, M.Pd. [4ld]