Kunker ke Selayar, Prof Jufri Pantau US Beberapa SMA dan SMK
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, melakukan pemantauan pelaksanaan Ujian Sekolah (US) ke sejumlah sekolah di Kota Benteng Selayar, Sabtu (3/4/2021).

SELAYAR—Hari ketiga Kunjungan Kerja (Kunker) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, Psikolog di Kabupaten Kepulauan Selayar, melakukan pemantauan pelaksanaan Ujian Sekolah (US) ke sejumlah sekolah di Kota Benteng Selayar, Sabtu (3/4/2021).

Sekolah pertama yang dikunjungi adalah SMAN 1 Selayar. Di sekolah yang dinahkodai Dra Hj Basse Salmah ini, Prof Jufri sempat memantau beberapa ruangan ujian. Termasuk memberikan motivasi dan tips menghadapi ujian kepada siswa untuk bisa sukses.

Prof Jufri tak lupa juga melakukan dialog dengan pengawas ujian dan mempertanyakan hambatan yang dihadapi selama ujian berlangsung.

Pelaksanaan US di SMAN 1 Selayar Hj Besse Salmah mengaku hingga saat ini semua berjalan lancar dengan daring, baik memakai HP Android, memakai laptop dan juga desktop.

Sekolah yang kedua yang dikunjungi Prof Jufri adalah SMKN 5 Selayar. Di sekolah yang dinahkodai Drs Muhammad Nur, MM, Prof Jufri menyaksikan pelaksanaan Uji Kompetensi, Farmasi Klinis dan Komunikasi, Asisten Keperawatan, Rekayasa Perangkat Lunak. Serta sempat mengajukan pertanyaan kepada salah seorang siswa yang sedang ujian Asisten Keperawatan.

Kepala UPT SMK 5, Muhammad Nur mengaku Jumlah siswa yang sedang UKK di sekolah ini sebanyak 130 orang dari jumlah 357 orang siswa.

“Minggu depan kita akan mengadakan rapat kelulusan. Dan Alhamdulillah Selama ujian Sekolah berlangsung, semua berjalan lancar dengan memakai android ataupun dengan laptop dan desktop,” jelasnya.

Ia menambahkan, tahun ini sebanyak 9 orang siswanya berhasil lulus SNPTN.

“Tahun ini, siswa kami terdapat 9 orang berhasil lulus SNPTN pada 2 PTN, yaitu 3 orang lolos masuk UNM dan 6 orang di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banta-Bantaeng Makassar,” tambahnya.

Prof Jufri juga sempat melihat secara langsung pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian siswa SMK Negeri 1 Selayar.

Pelaksanaan UKK di sekolah yang dinahkodai Makkasollah, SPd ini akan berlangsung selama dua hari, hari ini dan besok, Minggu (4/4). Dengan Jumlah UKK SMKN 1 Selayar, sebanyak 223 orang untuk 5 kompetensi keahlian. Saat ini, jumlah siswa SMKN 1 Selayar sebanyak 870 orang.

Usai memantau di SMKN 1 Selayar, Prof Jufri melanjutkan kunjungan kerja ke SMAN 2 Selayar. Di sekolah yang berlokasi di Jl Bontosinde No 5 Batangmata Selayar, Prof Jufri melakukan silaturahmi dengan guru-guru SMAN 2 Selayar dengan melakukan dialog pendidikan secara santai.

Kepala SMAN 2 Selayar, Drs Rusydi Syamsu, MM mengaku, sangat senang dan bangga atas kesediaan Prof Jufri berkunjung ke SMAN 2.

“Terima kasih pak atas kedatangan ta, semoga menjadi pemicu semangat untuk melakukan peningkatan kualitas pendidikan, khususnya di SMAN 2 Selayar ini,” ujar Rusydi Syamsu.

Prof Jufri menutup kunkernya di SMAN 8 Selayar. Sekolah yang berlokasi di Buki ini hanya melakukan silaturahmi dengan Kepala SMAN 8, Firdaus, SPd dan guru-guru SMAN 8. (*)