Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah akan Digelar Mulai 12 Juli
Disdik Sulsel akan melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada tanggal 12 Juli 2021.

MAKASSAR—Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan (Disdik Sulsel) akan melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada tanggal 12 Juli mendatang.

“Kita sudah menyiapkan petunjuk teknisnya, MPLS akan di laksanakan pada tanggal 12 juli mendatang, yang rencana awalnya dilaksanakan di SMAN 10,” ungkap Prof M Jufri, Kadisdik Sulsel, saat di temui di kantor Dinas Pendidikan Sulsel, Jumat (9/7/2021).

Ia menyebutkan masih akan terus melakukan komunikasi dengan pihak terkait utamanya dengan satgas covid-19 untuk memastikan apakah bisa dilaksanakan secara offline atau hanya bisa secara virtual.

“Kita masih terus komunikasi dengan satgas covid-19 untuk pembukaan MPLS SMA sederajat, dengan tetap diisi kegiatan muatan lokal berdasarkan masukan dari UPT masing-masing,” sebutnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel Hery Sumiharto menambahkan MPLS dilakukan untuk memperkenalkan lingkungan bagi siswa baru serta untuk pembentukan karakter

“MPLS ini, bagaimana mengenal dan membentuk karakter siswa, memperkenalkan lingkungan sekolah yang baru,” ungkapnya.

Ia juga bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan untuk melakukan penyemprotan.

“Kita kerjasama dengan PMI Sulsel, bukan hanya untuk pelaksanaan donor darah, tapi juga untuk penyemprotan disinfektan,” ucapnya.

Kata Hery, pelaksanaan MPLS kemungkinan akan dilaksanakan secara virtual mengingat kondisi perkembangan kasus Covid-19 di Sulsel.

“Awalnya kita ingin offline yang dipusatkan di SMAN 10, tapi karena covid jadi kemungkinan dilaksanakan secara online. Di kabupaten dan kota, kita minta untuk terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan apakah bisa secara offline dengan tetap penerapan protokol kesehatan secara ketat,” pungkasnya. (*)